Hidayatun, Naila (2024) Efektivitas Model Pembelajaran CONINCON (Constructivism, Integratif and Contextual) Berbantuan Video Animasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Bangun Ruang. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
![]() |
Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (791kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (382kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (271kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (362kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (438kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (393kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (468kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (246kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektivan model pembelajaran CONINCON berbantuan video animasi untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment). Desain penelitian yang digunakan adalah pre-test post-test control grup design dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di MTs NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus pada kelas VII. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang diambil secara acak menggunakan cluster random sampling sehingga didapatkan kelas VII B yang terdiri dari 33 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII C yang terdiri dari 34 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, instrumen tes berupa soal uraian dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji statistik independent sample t- test untuk N-Gain dan uji N-Gain dengan bantuan SPSS 26.0. Berdasarkan uji independent sample t- test untuk N-Gain diperoleh nilai signifikansi pada Sig (2-tailed) dibagi dengan 2, didapatkan 0,000<0,05 yang menyatakan bahwa H_(0 ) ditolak karena nilai signifikansi <0,05. Selain itu nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada kelas eksperimen sebesar 80,11 sedangkan kelas kontrol sebesar 62,54. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan nilai pre-test post-test siswa dengan penerapan model pembelajaran CONINCON berbantuan video animasi lebih dari peningkatan nilai pre-test post-test pada siswa yang tidak dikenai model dan media tersebut. Selain itu diperoleh hasil pengujian N-Gain didapatkan nilai rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen (media pembelajaran CONINCON berbantuan video animasi) sebesar 68,4% (cukup efektif), lebih besar dibandingkan nilai rata-rata N-Gain pada kelas kontrol (model langsung) sebesar 34,2% (kurang efektif). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran CONINCON berbantuan video animasi lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bangun ruang. Hasil penelitian ini mengimplikasikan bahwa model pembelajaran CONINCON berbantuan video animasi dapat dijadikan alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | CONINCON, Video Animasi dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan Sains, Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 24 Jun 2025 07:13 | ||||||
Last Modified: | 24 Jun 2025 07:13 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14471 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |