Pengaruh Fitur Transaksi Islami, Gaya Hidup Halal dan Persepsi Kegunaan terhadap Minat Penggunaan Shopee Barokah Inovasi Ekonomi Digital Berbasis Syariah

Ningsih, Endang (2024) Pengaruh Fitur Transaksi Islami, Gaya Hidup Halal dan Persepsi Kegunaan terhadap Minat Penggunaan Shopee Barokah Inovasi Ekonomi Digital Berbasis Syariah. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (932kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (491kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (654kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (702kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (749kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (938kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (433kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (521kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui terkait Firur Transaksi Islami, Gaya Hidup Halal dan Persepsi Kegunaan dalam mempengaruhi minat penggunaan Shopee Barokah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena ekonomi digital Indonesia di sektor e-commerce yang sangat potensial untuk pertumbuhan ekonomi, tingginya belanja konsumen pada produk ekonomi Islam, sampai respon inovasi Shopee terhadap besarnya permintaan pasar syariah dalam bertransaksi Islami. Namun masih belum banyak penelitian serupa yang ditemukan dari penelitian terdahulu, bahkan belum pernah ada yang menguji hubungan antara Fitur Transaksi Islami dan penggunaan Shopee Barokah. Padahal melihat fenomena diawal, mulai dari potensi besar ekonomi digital Indonesia di sektor e-commerce, tingginya belanja konsumen pada produk ekonomi Islam, sampai respon Shopee terhadap permintaan pasar syariah dalam bertransaksi Islami. Maka besar kemugkinan adanya pengaruh fitur transaksi islami teradap munculnya minat penggunaan Shopee Barokah. Hal tersebut melatarbelakangi peneliti untuk mengeksplorasi dan mengulas lebih lanjut serta melakukan penelitian dengan menambah variabel berupa Fitur Transaksi Islami. Masalah penelitian dalam skripsi ini adalah apakah pengaruh Firur Transaksi Islami, Gaya Hidup Halal dan Persepsi Kegunaan dalam menumbuhkan minat penggunaan Shopee Barokah. Metode yang dipakai dalam penelitian ini ialah metode kuantitatif. Objek penelitian yang digunakan yaitu pengguna e-commerce Shopee di Indonesia yang telah menggunakan atau mengetahui fitur Shopee Barokah, dengan sampel yang berjumlah 96 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuesioner sehingga diperoleh data primer untuk selanjutnya dapat diolah melalui teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji statistik dan uji asumsi klasik, dengan bantuan SPSS versi 20. Hasil temuan dari penelitian ini diantaranya, Firur Transaksi Islami berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan Shopee Barokah. Gaya Hidup Halal tidak berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan Shopee Barokah. Persepsi Kegunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan Shopee Barokah. Serta, Firur Transaksi Islami, Gaya Hidup Halal dan Persepsi Kegunaan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan Shopee Barokah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJalil, AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Firur Transaksi Islami, Gaya Hidup Halal, Persepsi Kegunaan dan Minat Penggunaan Shopee Barokah
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Ekonomi, Perekonomian > Wirausaha
Ilmu-Ilmu Sosial > Ekonomi, Perekonomian > E-Commercee, Ekonomi Digital
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Jun 2025 07:51
Last Modified: 30 Jun 2025 07:51
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14535

Actions (login required)

View Item View Item