Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil’alamin dalam Menumbuhkan Karakter Toleransi dan Cinta Tanah Air Siswa Kelas IV di MI NU Miftahul Huda 4 Glagah Kulon Dawe Kudus

Wahyuningtyas, Ihsani Ulfa (2024) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil’alamin dalam Menumbuhkan Karakter Toleransi dan Cinta Tanah Air Siswa Kelas IV di MI NU Miftahul Huda 4 Glagah Kulon Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (7MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (318kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (302kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (458kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (655kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (423kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (321kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (366kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh interpretasi penulis terhadap penerapan Profil Pelajar Pancasila di MI/SD yang memerlukan adanya penguatan pendidikan karakter seperti religiusitas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong dan integritas. Salah satu sub nilai karakter tersebut dapat diwujudkan dalam karakter toleransi dan cinta tanah air. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mendiskripsikan implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil’alamin dalam menumbuhkan karakter toleransi dan cinta tanah air; (2) Mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil’alamin dalam menumbuhkan karakter toleransi dan cinta tanah air siswa kelas IV di MI NU Miftahul Huda 4 Glagah Kulon Dawe Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap satuan pendidikan yang terkait yaitu MI NU Miftahul Huda 4 Glagah Kulon. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, koordinator tingkat madrasah, koordinator tingkat kelas, dan siswa kelas IV. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik yang diformulasikan oleh Miles and Hibberman dengan langkah-langkah pengumpulan data (Data Collection), reduksi data, penyajian data, dan melakukan Verification/Conclusion Drawing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil’alamin dalam menumbuhkan karakter toleransi dan cinta tanah air, melalui langkah-langkah: a) persiapan sumber belajar, b) membagi kelompok, c) penyampaian materi terkait tema, topik dan kegiatan yang akan dilakukan, d) mengerjakan projek, e) melakukan refleksi dan membagikan hasil projek; (2) Faktor pendukung implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil’alamin dalam menumbuhkan karakter toleransi dan cinta tanah air sebagai berikut: a) adanya dukungan wali murid untuk mengadakan kegiatan yang lebih meriah, b) antusias para murid untuk mengikuti kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil’alamin, c) keseriusan para guru untuk memaksimalkan pelaksanaan kegiatan. Sedangkan faktor penghambat implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil’alamin dalam menumbuhkan karakter toleransi dan cinta tanah air sebagai berikut: a) masih minimnya sarana prasarana penunjang, b) kurangnya pengarahan dari Kementrian Agama setempat berkenaan penyuluhan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘alamin di madrasah, c) perlu adanya pembenahan mananjemen program per semester yang dialokasikan khusus untuk melaksanakan P5P2RA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErzad, Azizah MaulinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Projek, Profil Pelajar Pancasila, Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin, Karakter, Toleransi, Cinta Tanah Air
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Filsafat dan Teori Pendidikan > Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Jul 2025 03:12
Last Modified: 08 Jul 2025 03:12
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14566

Actions (login required)

View Item View Item