Luthfiana, Yayuk Nurul (2024) Strategi Kreatif Produser Program Talkshow Islami Dalam Menarik Minat Penonton (Studi Kasus Talkshow Ngaji Online Perkara Islam MAJT TV Semarang). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (289kB) |
![]() |
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (388kB) |
![]() |
Text
04. BAB I.pdf Download (895kB) |
![]() |
Text
05. BAB II.pdf Download (817kB) |
![]() |
Text
06. BAB III.pdf Download (627kB) |
![]() |
Text
07. BAB IV.pdf Download (883kB) |
![]() |
Text
08. BAB V.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (609kB) |
Abstract
Program NGOPI (Ngaji Online Perkara Islam) merupakan salah satu program yang diproduksi oleh MAJT TV dengan format talkshow. Program talkshow hasil kolaborasi antara MAJT TV dengan Remaja Islam Masjid Agung Jawa Tengah (RISMAJT), berawal dari perubahan keadaan yang memaksa untuk terus berdakwah sekalipun dalam keadaan yang sangat terbatas karena pada saat itu tengah terjadi Covid-19. Sehingga dakwah Islam harus lebih kreatif dalam memilih strategi yang tepat sehingga tetap melakukan aktifitas dakwahnya. Membawa konsep muda, dengan perspektif seperti perbincangan antara murid dengan guru. MAJT TV Melakukan kerja sama dengan USM TV oleh karena itu NGOPI ditayangkan saluran USM TV. Selain ditayangkan disaluran televisi program NGOPI juga ditayangkan channel YouTube MAJT TV sebagai bentuk strategi untuk mendapat lebih banyak penonton. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi kreatif produser MAJT TV yang digunakan dalam program NGOPI untuk menarik minat penonton, (2) Mengetahui efektifitas strategi kreatif produser MAJT TV yang digunakan dalm program talkshow NGOPI untuk menarik minat penonton. Menggunakan teori dari Peter Pringle meliputi perencanaan, produksi, penayangan, dan evaluasi. Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumenatsai secara langsung ke lapangan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini: (1) Setiap episodenya mengundang narasumber yang berbeda-beda. Hal ini dilakukan upaya untuk menarik minat penonton agar tidak terkesan membosankan. Metode pemasaran dan promosi digunakan oleh produser NGOPI dalm menarik minat penonton, selain ditayangkan di USM TV juga di tayangkan di Youtube MAJT TV. Penayangan program NGOPI ditayangkan pada jam 18.00 di USM TV sedangkan penayangan di YouTube tayang pada jam 20.00. program ini berbeda dengan program lain yang sudah ada karena program lainnya mengkaji beberapa kitab sedangkan program NGOPI membahas yang hangat diperbincangkan dan dikaji secara perspektif Islam. Selain melalui YouTube promosi dilakukan menggunakan sosial media tiktok dan juga instagram setiap program akan ditayangkan dengan mengingatkan jadwal tayang program membuat flayer, (2) Efektivitas strategi program yang digunakan oleh produser NGOPI dianggap sudah cukup efektif dalam menarik minat penontonnya, terbukti program NGOPI bisa mendapatkan interaksi penonton yang banyak dan juga dinilai mutakhir dan relevan karena mengikuti perkembangan zaman yang ada. Selain itu juga semakin banyak penonton dan juga semakin bertambah pengikut di YouTube maupun di Instagram, dibuktikan juga dengan respon dari penonton dengan tanggapan yang positif. Jumlah penontonnya juga sudah mencapai ratusan walaupun masih ada beberapa terdapat tema dengan penonton puluhan karena wilayah jangkauannya terbatas hanya wilayah lokal
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Kreatif Produser, Talkshow, Program NGOPI | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial > Komunikasi Ilmu-Ilmu Sosial > Perdagangan, Komunikasi, Transportasi > Komunikasi Telekomunikasi |
||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2025 01:03 | ||||||
Last Modified: | 28 Jul 2025 01:03 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14650 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |