Ernawati, Mei (2024) Manajemen Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Minat Bakat pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Pati. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (611kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (565kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (603kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (545kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (474kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (591kB) |
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan manajemen pembelajaran berdiferensiasi berbasis minat bakat pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 1 Pati. (2) Pengorganisasian manajemen pembelajaran berdiferensiasi berbasis minat bakat pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 1 Pati. (3) Pelaksanaan manajemen pembelajaran berdiferensiasi berbasis minat bakat pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 1Pati. (4) Evaluasi manajemen pembelajaran berdiferensiasi berbasis minat bakat pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 1 Pati. (5) Faktor pendukung dan penghambat manajemen pembelajaran berdiferensiasi berbasis minat bakat pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 1 Pati. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, dan guru pendidikan agama Islam. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi non partisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan Qualitative Data Analysis Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun pengujian keabsahan data meliputi perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, menggunakan bahan referensi dan member check. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Perencanaan manajemen pembelajaran berdiferensiasi berbasis minat bakat pada mata pelajaran pendidikan agama Islam sebagai berikut: (2) Pengorganisasian manajemen pembelajaran berdiferensiasi berbasis minat bakat pada mata pelajaran pendidikan agama Islam sebagai berikut: melakukan pemetaan peserta didik, mengelompokkan kegiatan intrakurikuler pendidikan agama Islam, dan kegiatan ekstrakurikuler pendidikan agama Islam. (3) Pelaksanaan manajemen pembelajaran berdiferensiasi berbasis minat bakat pada mata pelajaran pendidikan agama Islam meliputi kesiapan siswa, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup, dan kegiatan pengembangan minat bakat (4) Evaluasi manajemen pembelajaran berdiferensiasi berbasis minat bakat pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (5) Faktor pendukung dalam manajemen pembelajaran berdiferensiasi berbasis minat bakat pada mata pelajaran pendidikan agama Islam sebagai berikut: adanya dukungan dari kepala sekolah, dukungan wali murid, guru yang berkompeten, peserta didik, dan sarana prasarana yang memadai. Adapun faktor penghambat yaitu minimnya alokasi waktu hanya 2 jam pelajaran dalam satu minggu durasi total 80 menit sehingga hanya diferensiasi produk yang diterapkan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Pembelajaran Berdiferensiasi, Minat Bakat, Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Psikologi Islam Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA) |
|||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 26 Aug 2025 07:53 | |||||||||
Last Modified: | 26 Aug 2025 07:53 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14734 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |