Pengaruh Frekuensi Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di MI Muhammadiyah Bae Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023

Priyani, Pipit (2024) Pengaruh Frekuensi Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di MI Muhammadiyah Bae Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (759kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (214kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (230kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (288kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (414kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (417kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (583kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (217kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MI Muhammadiyah Bae mengenai Pengaruh Frekuensi Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV MI Muhammadiyah Bae Tahun Pelajaran 2022/2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris tentang pengaruh frekuensi belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian suatu gejala, peristiwa, dan untuk mengetahui hubungan antara 2 variabel atau lebih, dimana populasi dijadikan sampel yang digunakan sebanyak 37 siswa dari populasi sebanyak 182 siswa. Data frekuensi belajar (X1) dan perhatian orang tua (X2) diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner atau angket sedangkan data hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika (Y) diperoleh dari nilai hasil tes. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis induktif yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heterosidasitas, uji autokorelasi, analisis regresi berganda, determinasi (R2) dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini. Pengujian hipotesis menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian meunjukkan bahwa: (1) Frkeuensi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV di MI Muhammadiyah Bae Kudus dengan rx1y = 0,911; r2x1y = 0,831; dan thitung = 2,073 lebih besar dari ttabel sebesar 2,030, (2) Perhatian orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV di MI Muhammadiyah Bae Kudus dengan rx2y = 0,925; r2x2y = 0,856; dan thitung = 6,067 lebih besar dari ttabel sebesar 2,030, (3) Frekuensi belajar dan perhatian orang tua berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV di MI Muhammadiyah Bae Kudus dengan Ry(1,2) = 0,946; R2y(1,2) = 0,894; dan Fhitung = 35,507 lebih besar dari Ftabel sebesar 3,24. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan kepada siswa, orang tua, guru dan pihak sekolah untuk lebih memperhatikan lagi frekuensi belajar dan perhatian orang tua dalam proses belajar dalam upaya untuk lebih mengoptimalkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV MI Muhammadiyah Bae Kudus

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNofiaturrahmah, FifiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: frekuensi belajar, perhatian orang tua, hasil belajar siswa
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Aktivitas Pembelajaran
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 01 Sep 2025 07:05
Last Modified: 01 Sep 2025 07:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14769

Actions (login required)

View Item View Item