Pengembangan Media Pembelajaran Bona Pintar untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia Dini di PAUD Dunia Ceria Ukir Sale Rembang

Badriyah, Novianti (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Bona Pintar untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia Dini di PAUD Dunia Ceria Ukir Sale Rembang. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (848kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (206kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (143kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (864kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (208kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (293kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (351kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (438kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (397kB)

Abstract

Penelitian pada pengembangan media pembelajaran botol berwarna pintar dalam proses pembelajaran memiliki dampak yang sangat penting dalam mengembangkan kemampuan berpikir simbolik pada anak usia dini. Media pembelajaran tersebut dapat meningkatkan antusias dan minat anak terhadap kegiatan belajar. Permasalahan dalam penelitian ini bahwa media pembelajaran botol pintar belum pernah diterapkan pada PAUD Dunia Ceria untuk meningkatkan kemampuan berpikir simbolik. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (Research and Development). Objek penelitian ini media pembelajaran bona pintar. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model Borg and Gall dengan menggunakan tujuh langkah pengembangan yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain. (6) uji coba produk, (7) revisi produk. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan untuk spesifikasi media bona pintar sebagai berikut: (1) Media bona pintar berbahan dari botol bekas pocari sweat berjumlah 10 buah yang ditempelkan di atas papan kayu berbentuk persegi berukuran 50 cm x 25 cm berjumlah 2 papan, (3) Media bona pintar memiliki bentuk simbol lingkaran sejumlah 55 lingkaran, (4) Media bona pintar memiliki lambang bilangan angka 1 sampai 10, (5) Media bona pintar memiliki lambang huruf vokal dan huruf konsonan, (6) Media bona pintar memiliki dua buah dadu, (7) Terdapat tempat mutiara. Nilai kelayakan dari Kepala PAUD sebesar 3,6 termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Dan nilai kelayakan dari guru kelas A sebesar 3,7 termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Dalam kegiatan pre-test anak mendapatkan pengembangan dengan nilai 30,41% dalam kategori mulai berkembang sedangkan hasil dari post-test anak mendapatkan pengembangan dengan nilai 76,04% dalam kategori berkembang sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media botol berwarna pintar dinyatakan sangat layak sebagai media pembelajaran untuk peningkatan kemampuan berpikir simbolik pada anak usia dini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDzofir, MohammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Bona Pintar, Kemampuan Berpikir Simbolik
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Oct 2025 08:00
Last Modified: 08 Oct 2025 08:07
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14822

Actions (login required)

View Item View Item