Fauziana, Fashihah Syifa (2024) Evaluasi Program Project Based Learning dan Pengembangan Perilaku Prososial AUD di RA An Nawa Khozinatul Ulum. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
|
Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (431kB) |
|
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (290kB) |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (375kB) |
|
|
Text
5. BAB II.pdf Download (594kB) |
|
|
Text
6. BAB III.pdf Download (472kB) |
|
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (931kB) |
|
|
Text
8. BAB V.pdf Download (285kB) |
|
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (338kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui evaluasi program pelaksanaan project based learning di Raudlatul Athfal An Nawa Khozinatul Ulum Blora; 2) mengetahui perkembangan perilaku prososial anak usia dini di Raudlatul Athfal An Nawa Khozinatul Ulum Blora setelah menerapkan project based learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian evaluasi program. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh yakni sebanyak 99 peserta didik pada kelompok B. Teknik analisis data melalui analisis perkembangan perilaku prososial anak usia dini terhadap pembelejaran berbasis proyek berdasarkan lima tahapan pada evaluasi program CSE-UCLA (Center for the study of Evaluation-University of California in Los Angeles). Penelitian ini dilakukan di RA An Nawa Khozinatul Ulum Blora. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa 1) Evaluasi program pelaksanaan project based learning di RA An Nawa Khozinatul Ulum berjalan dengan baik melalui Model Evaluasi CSE-UCLA, yang terdiri atas System Assessment (Penilaian Sistem) mengenai kebijakan penggunaan PBL yang tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 958/P/2020. Program Planning (Perencanaan Program) memuat modul ajar dan RPP. Program Implementation (Penerapan Program) mengenai pelaksanaan project based learning yang diimbangi dengan stimulus oleh pendidik. Program Improvement (Peningkatan Program) didasarkan atas refleksi pendidik terhadap pelaksanaan PBL sebelumnya. Program Certification (Sertifikasi Program) didasarkan pada lampiran sertifikat akreditasi RA An Nawa Khozinatul Ulum dengan Nomor PAUD-RA/31 600/0074/12/2022 yang berhubungan dengan stimulus dan hasil dari PBL serta kaitannya dengan perilaku prososial AUD. 2) Pelaksanaan program pembelajaran berbasis proyek berhasil mengembangkan perilaku prososial pada AUD yang terbukti berdasarkan hasil analisis perilaku prososial anak pada ketiga indikator (berbagi, membantu, dan bekerjasama). Pada fase baseline (A) tingkat perkembangan prososial anak cenderung rendah dengan rata-rata skor 14,25-17,73. Kemudian setelah melaksanakan program PBL (B), beberapa anak meningkat pada level tinggi (27-36) dan sedang (18-26) termasuk ketiga subjek pada setiap kelompok. Pada fase baseline (A’) setelah intervensi dihentikan, skor ketiga indikator tersebut sedikit menurun, namun secara keseluruhan skor perilaku prososial pada fase ini (A’) lebih tinggi (20–26/sedang), dan (27–29/tinggi) dibandingkan sebelum intervensi (A)
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
|||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Program, Perilaku Prososial AUD, Project Based Learning | |||||||||
| Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Pra Sekolah, PAUD |
|||||||||
| Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) | |||||||||
| Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 04:41 | |||||||||
| Last Modified: | 05 Nov 2025 04:41 | |||||||||
| URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14890 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
