PENGARUH PENDEKATAN MULTISENSORI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA TULISAN ARAB PADA MATA PELAJARAN AL- QUR’AN HADITS DI MI NU TAMRINUL AULAD JANGGALAN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Nihayatun Ni’mah, Nihayatun Ni’mah (2015) PENGARUH PENDEKATAN MULTISENSORI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA TULISAN ARAB PADA MATA PELAJARAN AL- QUR’AN HADITS DI MI NU TAMRINUL AULAD JANGGALAN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (14MB)
[img] Text
2. KATA PENGANTAR.pdf

Download (6MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (320kB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (331kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (411kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (372kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf

Download (638kB)
[img] Text
10. DAFTAR PSUTAKA.pdf

Download (277kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang pendekatan multisensori pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI NU Tamrinul Aulad Janggalan Kudus tahun pelajaran 2015/2016, untuk menjelaskan kemampuan membaca tulisan arab pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI NU Tamrinul Aulad Janggalan Kudus tahun pelajaran 2015/2016, dan menjelaskan seberapa besar pengaruh pendekatan multisensori terhadap kemampuan membaca tulisan arab pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI NU Tamrinul Aulad Janggalan Kudus tahun pelajaran 2015/2016 Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian survey dan pendekatan deskriptif kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 88 siswa dan diambil sampel 44 siswa sebagai responden, tetapi ada 4 siswa yang tidak layak untuk diteliti, maka peneliti menetapkan 40 sebagai sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis pendahuluan, analisis hipotesis dan analisis lanjut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pendekatan multisensori pada mata pelajaran Al-qur’an hadits di MI NU Tamrinul Aulad Janggalan Kudus tahun pelajaran 2015/2016, mempunyai kriteria baik yang tercantum dalam interval (88 – 100) dengan nilai rata-rata 93,15. Sedangkan kemampuan membaca tulisan arab pada mata pelajaran Al-qur’an hadits di MI NU Tamrinul Aulad Kudus tahun pelajaran 2015/2016, juga mempunyai kriteria baik yang tercantum dalam interval (88-100) dengan nilai rata-rata 92,00. Kemudian besarnya pengaruh pendekatan multisensori terhadap kemampuan membaca tulisan arab pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI NU Tamrinul Aulad Janggalan Kudus tahun pelajaran 2015/2016 dengan taraf signifikan 5% diketahui persamaan regresi Ŷ = 16,521 + 0,810X. Kemudian diperoleh nilai korelasi (ro)0,862>(rt)0,312 korelasinya adalah signifikan. Selanjutnya diketahui Freg110,149 >Ft4,10 sehingga temuan ini benar-benar dapat digunakan untuk generalisasi. Selanjutnya besar prosentase variabel X dalam mempengaruhi variabel Y dilihat dari koefisien determinasi (r2) sebesar 0.744. Dengan demikian, pendekatan multisensori mempunyai pengaruh sebesar 74.4% terhadap kemampuan membaca tulisan arab. Sisanya 25.6% merupakan pengaruh variabel lain yang belum diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Multisensori; Kemampuan Membaca Tulisan Arab; Pembelajaran Al-Qur’an Hadits.
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Membaca
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 09 Jul 2017 05:54
Last Modified: 09 Jul 2017 05:54
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1505

Actions (login required)

View Item View Item