PENGARUH BIMBINGAN KONSELING ISLAM GURU BK TERHADAP EFIKASI DIRI DAN SELF CONFIDENCE SISWA KELAS XII DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL DI MADRASAH ALIYAH AL-HIKMAH KAJEN MARGOYOSO PATI

Fitrotin Nazilah, Ila (2017) PENGARUH BIMBINGAN KONSELING ISLAM GURU BK TERHADAP EFIKASI DIRI DAN SELF CONFIDENCE SISWA KELAS XII DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL DI MADRASAH ALIYAH AL-HIKMAH KAJEN MARGOYOSO PATI. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (863kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (865kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (918kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (937kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8.BAB V.pdf

Download (858kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (861kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Al-Hikmah Kajen Margoyoso Pati. Penelitian ini memiliki tiga tujuan.1)untuk mengetahui bimbingan konseling Islam guru BK di Madrasah Aliyah Al-Hikmah Kajen Margoyoso Pati. 2)untuk mengetahui efikasi diri siswa kelas XII dalam menghadapi ujian nasional. 3)untuk mengetahui self confidence siswa kelas XII dalam menghadapi ujian nasional. 4)untuk mengetahui pengaruh bimbingan konseling Islam guru BK terhadap efikasi diri dan self confidence siswa kelas XII dalam menghadapi ujian nasional di Madrasah Aliyah Al-Hikmah Kajen Margoyoso Pati. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jumlah subjek 89 responden yang merupakan siswa kelas XII Madrasah Aliyah Al-Hikmah Kajen Margoyoso Pati dari jurusan IPA dan IPS. Analisis penelitian ini menggunakan jasa program SPSS dengan analisis regresi uji T. Hasil penelitian menunjukkan:1)Bimbingan konseling Islam guru BK di Madrasah Aliyah Al-Hikmah Kajen Margoyoso Pati tergolong baik. Terlihat dari rata-rata sebesar 86.19 termasuk interval 85-92 dengan kategori baik. 2)Efikasi diri siswa dalam menghadapi ujian nasional di Madrasah Aliyah Al-Hikmah Kajen Margoyoso Pati tergolong baik. Terlihat dari rata-rata sebesar 87.89 yang termasuk dalam dalam interval 83-91 dengan kategori baik. 3)Self confidence siswa dalam menghadapi ujian nasional di Madrasah Aliyah Al-Hikmah Kajen Margoyoso Pati tergolong baik. Terlihat dari rata-rata sebesar 90.93 yang termasuk dalam interval 88-95 dengan kategori baik. 4)Dari hasil uji hipotesis bimbingan konseling Islam Guru BK berpengaruh positif terhadap efikasi diri dan self confidence siswa dalam menghadapi ujian nasional. Hal ini terbukti dari hasil variabel X terhadap Y1 yang diperoleh dari nilai rxy sebesar 0,650 yang lebih besar dari rtabel pada taraf kesalahan 1%=0.270 maupun pada taraf kesalahan 5%=0,207. Dari hasil perhitungan yang diperoleh, besarnya koefesien determinasi (R) sebesar 42,25%. Hal ini berarti pengaruh bimbingan konseling Islam guru BK terhadap efikasi diri siswa kelas XII dalam menghadapi ujian nasional dengan nilai sebesar 42,25% sedangkan sissanya 100%-42,25%=57,75% adalah pengaruh variabel lain di luar bimbingan konseling Islam guru BK. Sedangkan hasil variabel X terhadap Y2 yang diperoleh dari nilai rxy sebesar 0,842 yang lebih besar dari rtabel pada taraf kesalahan 1%=0.270 maupun pada taraf kesalahan 5%=0,207. Dari hasil perhitungan yang diperoleh, besarnya koefesien determinasi (R) sebesar 70.90% . Hal ini berarti pengaruh bimbingan konseling Islam guru BK terhadap self confidence siswa kelas XII dalam menghadapi ujian nasional dengan nilai sebesar 70,290% sedangkan sissanya 100%-70,90%=29,01% adalah pengaruh variabel lain di luar bimbingan konseling Islam guru BK

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling Islam; Efikasi Diri; dan Self Confidence
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Oct 2017 01:28
Last Modified: 10 Oct 2017 01:28
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1827

Actions (login required)

View Item View Item