Implementasi Manhaj Daramaan (Metode Drama) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII A di MTs NU Maslakul Falah Undaan Kudus

Umam, Naeli Asrofil (2018) Implementasi Manhaj Daramaan (Metode Drama) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII A di MTs NU Maslakul Falah Undaan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (806kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (354kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (485kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (381kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (475kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (326kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA EDIT BENER.pdf

Download (332kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui Implementasi manhaj daramaan (metode drama) di MTs NU Maslakul Falah Undaan Kudus, 2) Mengetahui hasil belajar peserta didik di MTs NU Maslakul Falah Undaan Kudus, 3) Mengetahui kelebihan dan kekurangan manhaj daramaan (metode drama) di MTs NU Maslakul Falah Undaan Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif naturalistic, dengan pendekatan deskriptif melalui riset lapangan di MTs NU Maslakul Falah Undaan Kudus. Subjek penelitian ini yaitu Kepala Madrasah, guru PAI, dan siswa dan MTs NU Maslakul Falah Undaan Kudus. Instrumen atau alat dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, menggunakan beberapa teknik yaitu observasi, wawanacara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji credibility, uji transferability, uji dependability, dan uji confirmability. Teknik analisis data dalam penelitian ini peneliti menggunakan pengumpulan data, data reduction, data display, conclusion drawing/verification, penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan manhaj daramaan (metode drama) di MTs NU Maslakul Falah Undaan Kudus terbilang cukup baik, para peserta didik menerima metode manhaj daramaan (metode drama) tersebut dengan baik, sehingga metode ini menjadi ssalah satu metode untuk mengatasi permaslahan pembelajran di MTs NU Maslakul Falah Undaan Kudus. (2) Hasil belajar peserta didik di MTs NU Maslakul Falah Undaan Kudus setelah diterapkannya metode manhaj daramaan (metode drama) ini lebih meningkat dibandingkan dengan penggunaan metode-metode sebelumnya, bukan hanya di hasi belajar adapun sifat perilaku peserta didik cenderung kearah yang positif, seperti menjadikan peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran, melatih mental dan juga lebih berani tampil ketika di kelas. (3) Faktor- faktor pendukung dan penghambat metode manhaj daramaan (metode drama) ini adalah mempunyai kelebihan dapat membuat kegiatan belajar mengajar menjadi aktif, menyengkan, mengasyikan, efisien dan efektif, dapat melatih mental siswa dan juga dapat membuat peserta didik menjadi kreatif. Dan untuk kekurangan diantaranya, membutuhkan waktu yang lama, tingkat kerja keras guru dibutuhkan dalam menghandle setiap kegiatan belajar mengajar, rawan kegaduhan dan harus menyeluruh dalam penerapannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Manhaj Daramaan (Metode Drama); Hasil Belajar; faktor pendukung dan penghambat.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Mar 2019 03:24
Last Modified: 26 Mar 2019 03:24
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2228

Actions (login required)

View Item View Item