PELAKSANAAN EVALUASI FORMATIF DENGAN STRATEGI PARAFRASE TERARAH PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS NU DARUL ANWAR CRANGGANG DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018

HIDAYAH, NUR (2018) PELAKSANAAN EVALUASI FORMATIF DENGAN STRATEGI PARAFRASE TERARAH PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS NU DARUL ANWAR CRANGGANG DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (935kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (986kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini disusun dengan tujuan untuk mengetahui (1) perencanaan evaluasi formatif dengan strategi parafrase terarah pada mata pelajaran SKI, (2) pelaksanaan evaluasi formatif dengan strategi parafrase terarah pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam, (3) hasil dari pelaksanaan evaluasi formatif dengan strategi parafrase terarah pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Desain tersebut digunakan untuk menggambarkan keadaan atau fenomena yang terjadi dilapangan. Penelitian kualitatif menghasilkan data penelitian yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan pelaku yang diamati. Desain yang sebenar-benarnya tentang kegiatan pembelajaran berlangsung. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara terhadap instansi terkait dalam pembelajaran sejarah kebudayaan islam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data digunakan dengan reduksi data, penyajian data (penyajian data dalam bentuk uraian berdasarkan data yang terkumpul dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi), dan kesimpulan yang dilihat dari catatan-catatan lapangan tentang pelaksanaan evaluasi formatif dengan strategi parafrase terarah pada mata pelajaran SKI di MTs NU Darul Anwar Cranggang Dawe Kudus. Dari hasil penelitian, peneliti menyimpulkan tentang kondisi pembelajaran sejarah kebudayaan islam yang berlangsung di MTs NU Darul Anwar sebagai berikut: 1) perencanaan evaluasi formatif dengan strategi parafrase terarah pada mata pelajaran SKI meliputi perencanaan arah tujuan pembelajaran, penyusunan materi pembelajaran, strategi pembelajaran, perencanaan pemanfaatan media pembelajaran dan perencanaan sistem evaluasi kegiatan pembelajaran kemudian perencanaan tersebut di susun kedalam sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). 2) strategi pembelajaran parafrase terarah dalam mengajar dilaksanakan dengan 5 langkah yaitu persiapan, penyajian, korelasi, penyimpulan dan pengaplikasian. Kegiatan pembelajaran diawali dengan penyampaian materi oleh guru dan memberikan beberapa umpan balik kepada peserta didik. 3) Strategi parafrase berjalan dengan lancar, pemahaman peserta didik meningkat ke arah yang lebih yang baik. tetapi inovasi baru akan terus dilakukan MTs NU Darul Anwar mengingat pendidikan yang bersifat dinamis. Adapun faktor kelemahan pelaksanaan evaluasi formatif dengan strategi parafrase terarah pada mata pelajaran SKI berasal dari dalam diri peserta didik itu sendiri, guru, lingkungan tempat tinggal peserta didik, dan sarana prasarana Madrasah. Adapun kelebihan pelaksanaan evaluasi formatif dengan strategi parafrase terarah pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam adalah guru bisa mengontrol urutan materi pelajaran, dapat meningkatkan pemahaman peserta didik dalam pembelajaran yang sudah diberikan, meningkatkan keaktifan peserta didik dalam belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru; Evaluasi Formatif; Parafrase Terarah; SKI
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Apr 2019 07:04
Last Modified: 09 Apr 2019 07:04
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2339

Actions (login required)

View Item View Item