RAHMAWATI, ISNI (2018) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI SMA NU HASYIM ASY’ARI KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (169kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (208kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (287kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (493kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (324kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (697kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (271kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (258kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui penerapan strategi generatif pada mata pelajaran fiqih di SMA NU Hasyim Asy’ari Kudus tahun pelajaran 2017/2018, 2) untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fiqih di SMA NU Hasyim Asy’ari Kudus tahun pelajaran 2017/2018, 3) untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi generatif terhadap kemampuan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fiqih di SMA NU Hasyim Asy’ari Kudus tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research), dimana peneliti melakukan studi langsung di SMA NU Hasyim Asy’ari Kudus. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI. Adapun teknik pengambilan sampel adalah sampling jenuh yang terdiri dari 31 peserta didik kelas XI-IPA dan 31 peserta didik kelas XI-IPS. Sedangkan analisis datanya menggunakan regresi sederhana dan korelasi sederhana. Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Penerapan strategi pembelajaran generatif pada mata pelajaran fiqih di SMA NU Hasyim Asy’ari Kudus dalam kategori baik, yaitu sebesar 58 termasuk dalam interval (56–61). 2) Kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fiqih di SMA NU Hasyim Asy’ari Kudus dalam kategori tinggi, yaitu sebesar 57 termasuk dalam interval (55–59). 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penerapan strategi pembelajaran generatif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fiqih di SMA NU Hasyim Asy’ari. Hal ini terbukti dari hasil yang diperoleh nilai Rxy sebesar 0,563 yang termasuk dalam katergori sedang. Serta nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel signifikasi 5% sebesar 4,00 (27,719 > 4,00). Dan nilai thitung lebih besar dari ttabel 1,99962 (5,273>1,99962). Dan penerapan strategi pembelajaran generatif memberikan kontribusi 31,6% terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fiqih di SMA NU Hasyim Asy’ari Kudus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran Generatif; Kemampuan Berpikir Kritis; Fiqih. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 12 Apr 2019 08:20 |
Last Modified: | 12 Apr 2019 08:20 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2359 |
Actions (login required)
View Item |