KUMALA SARI, DEWI NUR (2018) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS V DI MI NU ISLAHUSSALAFIYAH GETASSRABI GEBOG KUDUS. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN AWAL.pdf Download (641kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (562kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (197kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (351kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (502kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (390kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (478kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (294kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (275kB) |
Abstract
Pembelajaran Fiqih cenderung memakai model langsung sehingga berakibat pada prestasi belajar peserta didik tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan; 1) Untuk mengetahui seberapa tinggi prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran Fiqih sebelum diterapkan model Contextual Teaching and Learning (CTL); 2) Untuk mengetahui seberapa tinggi prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran Fiqih sesudah diterapkan model Contextual Teaching and Learning (CTL); 3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Fiqih kelas V di MI NU Islahussalafiyah Getassrabi Gebog Kudus. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimen. Populasi berjumlah 36 peserta didik yang semuanya dijadikan sebagai subjek dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan metode dokumentasi. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Prestasi belajar peserta didik sebelum diterapkannya model Contextual Teaching and Learning (CTL) memperoleh rata-rata sebesar 73,55 yang termasuk dalam kategori baik; 2) Prestasi belajar peserta didik sesudah diterapkannya model Contextual Teaching and Learning (CTL) memperoleh rata-rata sebesar 82,77 yang termasuk dalam kategori sangat baik; 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan prestasi belajar pada mata pelajaran Fiqih kelas V di MI NU Islahussalafiyah Getassrabi Gebog Kudus daripada menggunakan model langsung. Hal ini diperoleh dari nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000. Nilai sig. ≤ α (0,05), maka H_0 ditolak. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Fiqih kelas V di MI NU Islahussalafiyah Getassrabi Gebog Kudus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Contextual Teaching and Learning; Prestasi Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 30 Apr 2019 02:46 |
Last Modified: | 30 Apr 2019 02:46 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2456 |
Actions (login required)
View Item |