Analisis Strategi Marketing Mix Pada Tabungan Sumber Amanah di KSPPS Kowanu Nugraha Kudus

Nafisah, Jauharotun (2017) Analisis Strategi Marketing Mix Pada Tabungan Sumber Amanah di KSPPS Kowanu Nugraha Kudus. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (979kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Strategi pemasaran adalah cara yang paling tepat dalam upaya meningkatkan penjualan, caranya ialah dengan menetapkan produk, harga, promosi, serta saluran distribusi, terhadap barang dan jasa yang bisa memberikan kepuasan kepada konsumen. Dalam rangka memberikan pelayanan kepada nasabah dan menghindari kejenuhan terhadap produk yang telah beredar, maka suatu Koperasi syari’ah membuat inovasi dalam produk penghimpunan dana, yaitu suatu program yang dapat menarik minat nasabah sebanyak-banyaknya dengan program tabungan berhadiah. Sebagaimana bank pada umumnya, setiap bank akan melakukan berbagai trobosan untuk mempertahankan eksistensi bank tersebut ditengah-tengah pesaingnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis data kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian yang dilakukan, Bagi hasil 0.8/anggota/perbulan dianggap cukup tinggi dan menarik dan menarik banyak anggota maupun calon anggota. Hal ini menjadi alasan ketertarikan calon anggota untuk mendaftarkan dirinya pada tabungan sumber amanah. Strategi Marketing Mix yaitu, Product: tabungan sumber amanah yaitu tabungan semi deposito yang diberi jangka waktu 21 bulan, dan akan tetap kembali utuh sampai jangka waktu berakhir. Price: Harga Rp 200.000 dianggap pantas sesuai kemampuan dan keuntungan dalam hal ini anggota Tabungan Sumber amanah dan KSPPS Kowanu Nugraha. Promotion: Media promosi yang digunakan KSPPS Kowanu Nugraha ada beberapa macam, diantaranya: brosur, promosi langsung, dan hadiah/bonus. Sedangkan bonus/hadiah yang paling menjadi alasan ketertarikan anggota mengapa memilih tabungan sumber amanah. Place: Pasar yang dituju KSPPS Kowanu Nugraha adalah seluruh lapisan masyarakat, terutama para pedagang dan anggota-anggota jam’iyyah majlis ta’lim. Adapun dampak positif dari adanya bonus tabungan Sumber Amanah yaitu calon anggota yang asalnya tidak mengenal KSPPS Kowanu Nugraha akhirnya mengenal kemudian berlomba-lomba mendaftarkan diri menjadi anggota tabungan Sumber Amanah. Sedangkan dampak negatif dari adanya bonus tabungan Sumber Amanah yaitu setelah adanya anggota yang banyak terkadang terjadi kemacetan pembayaran setiap bulannya sehigga perputaran uang menjadi tidak stabil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi Marketing Mix; tabungan sumber amanah.
Subjects: 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi
Divisions: Fakultas Syariah > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 May 2019 03:32
Last Modified: 09 May 2019 03:32
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2541

Actions (login required)

View Item View Item