Rohmah, Isti (2017) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS ANGGOTA (Studi Kasus di BMT Mubarakah Undaan Lor Kudus. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (864kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (867kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (938kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (890kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (874kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (870kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang digunakan BMT Mubrakah Undaan Kudus dalam meningkatkan loyalitas anggota, untuk menganalisis hambatan dan cara menyelesaikannya dalam menerapkan strategi pemasaran BMT Mubarakah Undaan untuk meningkatkan loyalitas anggota. Penelitian ini adalah termasuk Jenis penelitian lapangan (field research), pendekatan penelitian ini adalah pedekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data meliputi perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, tringulasi, diskusi dengan teman sejawat, analisis kasus negatif, dan member check. Selain itu juga menggunakan metode analisis data sebagaai berikut: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan loyalitas anggota yaitu: pertama, BMT Mubarakah telah menerapkan strategi pemasaran untuk meningkatkan loyalitas anggota salah satunya dengan menggunakan Marketing Mix 7P yang meliputi product, price, promotion, place, people, process, dan physical evidence, dan juga menerapkan empat sifat nabi, yaitu: siddiq, amanah, fathanah, dan tabliq. Hasil yang dicapai dari penerapan strategi pemasaran adalah jumlah anggota yang loyalitas lebih banyak mengalami peningkatan dibanding penurunan pada setiap tahunnya karena pihak BMT selalu mengutamakan keinginan dan kebutuhan anggotanya dengan memberikan pelayanan semaksimal mungkin. Kedua, BMT Mubarakah Undaan masih mengalami Hambatan dalam menerapkan strategi pemasaran untuk meningkatkan loyalitas anggota, yaitu kurangnya SDM pemasaran yang kompeten, kurangnya pemahaman masyarakat terhadap lembaga keuangan syariah, dan banyaknya pesaing dari lembaga keuangan lain sehingga menjadikan anggota lebih banyak pilihan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran; Loyalitas Anggota; Baitul Maal Wat Tamwil |
Subjects: | Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Syariah > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 10 May 2019 01:56 |
Last Modified: | 10 May 2019 01:56 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2547 |
Actions (login required)
View Item |