Analisis Konsep Etika Interaksi Edukatif dalam Pendidikan Islam Telaah Kitab Tadzkiratus Sami’ Wal Mutakallim Karya Imam Qodli Badruddin

Rovieq, Nur (2017) Analisis Konsep Etika Interaksi Edukatif dalam Pendidikan Islam Telaah Kitab Tadzkiratus Sami’ Wal Mutakallim Karya Imam Qodli Badruddin. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
01. cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. daftar isi.pdf

Download (958kB)
[img] Text
03. abstrak.pdf

Download (964kB)
[img] Text
04. bab I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05. bab II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
06. bab III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
07. bab IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
08. bab V.pdf

Download (920kB)
[img] Text
09. daftar isi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Konsep etika interaksi edukatif dalam pendidikan Islam dalam kitab Tadzkiratus Sami’ Wal Mutakalim karya Imam Qodli Badruddin adalah terdapat beberapa adab siswa dalam pembelajaran, yaitu adanya syarat-syarat dalam belajar yang dilakukan oleh siswa, siswa memiliki istiqomah dalam menempati suatu tempat dalam belajar, sabar dalam mengikuti pembelajaran yang dilakukan oleh guru, artinya siswa sabar menerima keterangan dari guru, dan sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk memahami etika interaksi edukatif dalam pendidikan Islam telaah kitab Tadzkiratus Sami’ Wal Mutakallim karya Imam Qodli Badruddin (2) Untuk memahami analisis konsep etika interaksi edukatif dalam pendidikan Islam telaah kitab Tadzkiratus Sami’ Wal Mutakallim karya Imam Qodli Badruddin. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif tentang konsep etika interaksi edukatif dalam pendidikan Islam telaah kitab Tadzkiratus Sami’ Wal Mutakalim karya Imam Qodli Badruddin. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif analisis. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Etika interaksi edukatif dalam pendidikan Islam telaah Kitab Tadzkiratus Sami’ Wal Mutakallim karya Imam Qodli Badruddin yaitu tergambarkan pada etika personal (Adab al-Nafs) seorang guru, etika guru dalam kegiatan mengajar dan etika guru dalam interaksi dengan murid. (2) Konsep etika interaksi edukatif dalam pendidikan Islam telaah Kitab Tadzkiratus Sami’ Wal Mutakallim karya Imam Qodli Badruddin, yaitu Pertama, menjaga etika selama melaksanakan tugas pendidikan. Kedua, tidak menjadikan profesi guru sebagai usaha untuk menutupi kebutuhan ekonominya. Ketiga, mengetahui situasi sosial kemasyarakatan. Keempat, kasih sayang dan sabar. Kelima, adil dalam memperlakukan murid. Keenam, menolong dengan kemampuan yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konsep Etika Interaksi Edukatif; Pendidikan Islam; Kitab Tadzkiratus Sami’ Wal Mutakallim Karya Imam Qodli Badruddin
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 May 2019 02:33
Last Modified: 21 May 2019 02:33
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2589

Actions (login required)

View Item View Item