PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ACADEMY CONSTRUCTIVE CONTROVERSY ( ACC ) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA NU NURUSSALAM BESITO GEBOG KUDUS TAHUN AJARAN 2017/2018

NAILI, DIYAH MALIKHATUN (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ACADEMY CONSTRUCTIVE CONTROVERSY ( ACC ) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA NU NURUSSALAM BESITO GEBOG KUDUS TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
FILE 1 COVER.pdf

Download (937kB)
[img] Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf

Download (264kB)
[img] Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
FILE 4 BAB I.pdf

Download (332kB)
[img] Text
FILE 5 BAB II.pdf

Download (400kB)
[img] Text
FILE 6 BAB III.pdf

Download (417kB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV.pdf

Download (581kB)
[img] Text
FILE 8 BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (319kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Academy Constructive Controversy (ACC) di MA NU Nurussalam Besito Gebog Kudus, (2) Untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI pada mata pelajaran fiqih di MA NU Nurussalam Besito Gebog Kudus, (3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Academy Constructive Controversy (ACC) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI pada mata pelajaran fiqih di MA NU Nurussalam Besito Gebog Kudus. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di MA NU Nurussalam Besito Gebog Kudus kelas XI. Responden penelitian ini menggunakan populasi yang berjumlah 50 siswa. Analisis penelitian ini menggunakan program SPSS 16 dan menggunakan regresi korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode pembelajaran Academy Constructive Controversy (ACC) di MA NU Nurussalam dalam kategori baik yakni 27,36 yang termasuk dalam interval 27-31, (2) Kemampuan pemecahan masalah siswa dalam kategori cukup yakni 35,72 yang termasuk dalam interval 29-36, (3) Pengaruh metode pembelajaran Academy Constructive Controversy (ACC) terhadap kemampuan pemecahan masalah mendapatkan nilai R square sebesar 27,9% dan yang 72,1% lainnya dipengaruhi variabel lain. Nilai t menunjukkan 11,141 dan nilai 0,861 signifikansinya 0,050 0,05 nilai tersebut menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Academy Constructive Controversy (ACC) memberikan pengaruh yang positif terhadapa kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI di MA NU Nurussalam Besito Gebog Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Academy Constructive Controversy; Kemampuan Pemecahan Masalah; Mata Pelajaran Fiqih
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Jun 2019 01:39
Last Modified: 26 Jun 2019 01:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2675

Actions (login required)

View Item View Item