PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI DI MI NU MIFTAHUL ULUM 01 HONGGOSOCO JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Susanti, Eri (2019) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI DI MI NU MIFTAHUL ULUM 01 HONGGOSOCO JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (318kB)
[img] Text
3. daftar isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (458kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (428kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (538kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (857kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (218kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (361kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui konstribusi strategi pembelajaran crossword puzzle terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MI NU Miftahul Ulum 01 Honggosoco Jekulo Kudus tahun pelajaran 2018/2019. 2) Untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran crossword puzzle terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MI NU Miftahul Ulum 01 Honggosoco Jekulo Kudus tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data penelitian ini menggunakan skala strategi pembelajaran crossword puzzle dan skala minat belajar. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V (lima) MI NU Miftahul Ulum 01 Honggosoco Jekulo Kudus yang berjumlah 39 siswa terdiri dari 20 peserta didik laki-laki dan 19 peserta didik perempuan. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel penuh dengan 39 responden. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi sederhana dengan bantuan program SPSS versi 16.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan antara kedua variabel strategi pembelajaran crossword puzzle dengan minat belajar adalah 0,823 yang termasuk dalam kategori sangat kuat. Nilai R Square diperoleh sebesar 0,677 nilai tersebut menunjukkan bahwa strategi pembelajaran crossword puzzle memberikan konstribusi terhadap minat belajar sebesar 67,7%. dan sisanya 32,3% dijelaskan variabel lain di luar penelitian. Berdasarkan hasil uji hipotesis uji t diperoleh nilai thitung 8,814 dan ttabel 1,687 dengan signifikan 0,000 yang berada di bawah 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (8,814 > 1,687), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran crossword puzzle berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MI NU Miftahul Ulum 01 Honggosoco Jekulo Kudus Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle, Minat Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 May 2020 03:37
Last Modified: 27 May 2020 03:37
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2860

Actions (login required)

View Item View Item