PENINGKATAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA TENTANG NILAI-NILAI ISLAM DI RA MUSLIMAT ISTIQLAL PLOSO KUDUS

Listrianingsih, Listrianingsih (2019) PENINGKATAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA TENTANG NILAI-NILAI ISLAM DI RA MUSLIMAT ISTIQLAL PLOSO KUDUS. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER_to.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK_to.pdf

Download (70kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI_to.pdf

Download (78kB)
[img] Text
04 BAB I_to.pdf

Download (102kB)
[img] Text
05 BAB II_to.pdf

Download (292kB)
[img] Text
06 BAB III_to.pdf

Download (149kB)
[img] Text
07 BAB IV_to.pdf

Download (291kB)
[img] Text
08 BAB V_to.pdf

Download (73kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA_to.pdf

Download (139kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kecerdasan interpersonal anak usia dini di RA Muslimat Istiqlal Ploso Kudus, (2) penerapan metode bercerita tentang nilai-nilai Islam dalam peningkatan kecerdasan interpersonal anak anak usia dini di RA Muslimat Istiqlal Ploso Kudus, (3) peningkatan kecerdasan interpersonal anak usia dini melalui metode bercerita tentang nilai-nilai Islam anak anak usia dini di RA Muslimat Istiqlal Ploso Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus, dengan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang informasinya diperoleh dengan mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ada. Subyek penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, guru wali kelas B2, dan wali murid/orang tua siswa kelas B2 RA Muslimat Istiqlal Ploso Kudus. Instrumen atau alat dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, menggunakan beberapa teknik yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji credibility, uji transferability, uji dependability, dan uji confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kecerdasan interpersonal anak kelas B2 sangat beragam. Adanya keberagaman kecerdasan interpersonal, pendidik membantu anak untuk mengatasi dan meningkatkan kecerdasan interpersonal anak melalui kegiatan berkelompok, tanya jawab dengan anak, selalu menyapa guru, saling membantu, dan bermain bersama; (2) Penerapan metode bercerita tentang nilai-nilai Islam di RA Muslimat Istiqlal Ploso Kudus. Hasil rata-rata sesuai dengan kriteria kecerdasan interpersonal anak yaitu selalu merasa bosan ketika bekerja sendiri 84,21% dengan jumlah 48 (sangat tinggi), sangat peduli dan perhatian pada masalah 64,91% jumlah 37 (sedang), berani bertanggung jawab 71,92% dengan jumlah 41 (tinggi), dan pandai bermain secara kelompok 71,19 jumlah 44 (tinggi); (3) Peningkatan kecerdasan interpersonal anak usia dini melalui metode bercerita tentang nilai-nilai Islam di RA Muslimat Istiqlal Ploso Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019, presentase hasil peningkatan kecerdasan interpersonal anak yaitu 5 anak masuk kategori sangat tinggi (26,31%), 5 anak masuk kategori tinggi (26,31%) , 6 anak masuk kategori sedang (31%), dan 3 anak masuk kategori rendah (17%).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Kecerdasan Interpersonal, Metode Bercerita Tentang Nilai-Nilai Islam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Jun 2020 04:51
Last Modified: 17 Jun 2020 04:51
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2961

Actions (login required)

View Item View Item