Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual terhadap Kemampuan Menghitung Perkalian dan Pembagian pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III MI NU Bahrul Ulum Ngembal Kulon Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019

Rifai, Agus Selamet (2019) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual terhadap Kemampuan Menghitung Perkalian dan Pembagian pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III MI NU Bahrul Ulum Ngembal Kulon Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER_to.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK_to.pdf

Download (301kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI_to.pdf

Download (312kB)
[img] Text
4. BAB I_to.pdf

Download (374kB)
[img] Text
5. BAB II_to.pdf

Download (424kB)
[img] Text
6. BAB III_to.pdf

Download (540kB)
[img] Text
7. BAB IV_to.pdf

Download (796kB)
[img] Text
8. BAB V_to.pdf

Download (218kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_to.pdf

Download (294kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran matematika kelas III MI NU Bahrul Ulum Ngembal Kulon Kudus. 2) kemampuan menghitung perkalian dan pembagian kelas III MI NU Bahrul Ulum Ngembal Kulon Kudus. 3) ada tidaknya pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan menghitung perkalian dan pembagian pada mata pelajaran matematika kelas III MI NU Bahrul Ulum Ngembal Kulon Kudus. Jenis penelitian ini bersifat field research (penelitian lapangan) yaitu penyelidikan atau penelitian dimana peneliti langsung terjun ke lokasi untuk mencari bahan-bahan yang mendekati realitas kondisi yang diteliti. Data yang akan diteliti dengan kuantitatif adalah data tentang pendekatan pembelajaran kontekstual dan kemampuan menghitung perkalian dan pembagian pada mata pelajaran matematika kelas III. Populasi dalam penelitian ini menggunakan seluruh subjek penelitian yang terdiri dari 23 siswa kelas III. Dalam analisis ini penelitian menggunakan analisis statistik yaitu mengadakan perhitungan nilai angka tentang pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan menghitung perkalian dan pembagian pada mata pelajaran matematika kelas III MI NU Bahrul Ulum Ngembal Kulon Kudus dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan penggunaan pendekatan pembelajaran kontekstual pada pembelajaran Matematika Kelas III MI NU Bahrul Ulum Ngembal Kulon Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019 dalam kategori cukup baik yaitu sebesar 29,2 (interval 26 – 29). 2) sedangkan kemampuan menghitung perkalian dan pembagian pada mata pelajaran Matematika Kelas III MI NU Bahrul Ulum Ngembal Kulon Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019 dalam kategori sangat tinggi yaitu sebesar 95,2 (interval 93 – 100). 3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan menghitung perkalian dan pembagian pada mata pelajaran matematika kelas III dengan persamaan regresi Y = 105,714 + -0,357 X di MI NU Bahrul Ulum Ngembal Kulon Kudus. Penggunaan pendekatan pembelajaran kontekstual ini tidak terdapat hubungan yang signifikan sebesar -0,133 yang termasuk dalam kategori sangat rendah dan dapat memberikan kontribusi bagi peserta didik dalam meningkatkan kemampuan menghitung perkalian dan pembagian pada mata pelajaran matematika sebesar 1,76%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Pembelajaran Kontekstual, Kemampuan Menghitung Perkalian dan Pembagian, dan Matematika
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Aug 2020 02:23
Last Modified: 11 Aug 2020 02:23
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3115

Actions (login required)

View Item View Item