Pengaruh Persepsi Peserta Didik tentang Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Kenyamanan Belajar pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTs NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus

Shofiana, Niila (2019) Pengaruh Persepsi Peserta Didik tentang Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Kenyamanan Belajar pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTs NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1.COVER_to.pdf

Download (908kB)
[img] Text
2.Abstrak_to.pdf

Download (307kB)
[img] Text
3.DAFTAR ISI_to.pdf

Download (346kB)
[img] Text
4.BAB I_to.pdf

Download (382kB)
[img] Text
5.BAB II_to.pdf

Download (708kB)
[img] Text
6.BAB III_to.pdf

Download (381kB)
[img] Text
7.BAB IV_to.pdf

Download (602kB)
[img] Text
8.BAB V_to.pdf

Download (296kB)
[img] Text
9.Daftar Pustaka_to.pdf

Download (317kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik guru mata pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII di MTs NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus. Untuk mengetahui persepsi peserta didik terhadap kenyamanan belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII di MTs NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus. Untuk mengetahui pengaruh persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagodik guru terhadap kenyamanan belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII di MTs NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu peneliti terjun kelapangan untuk memperoleh data. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus yang berjumlah 60 peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas instrumen, uji asumsi klasik, uji hipotesis deskriptif, analisis regresi sederhana, uji t dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik guru mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus tergolong sangat baik, hal tersebut sesuai dengan hasil penyebaran angket yang menunjukkan bahwa sebagian besar responden menyatakan bahwa menginterprestasikan dan mengevaluasi guru yang dipersepsi, tentang sifat–sifatnya, kualitasnya dan keadaan guru sehingga terbentuk gambaran mengenai kompetensi guru yang dipersepsi tergolong sangat baik sebesar 81,67%. Kenyamanan belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus tergolong sangat baik, hal tersebut sesuai dengan hasil penyebaran angket yang menunjukkan bahwa sebagian besar responden menyatakan bahwa perasaan, dari paling nyaman sampai dengan paling tidak nyaman, yang dipersepsi secara respondentif oleh individu, pada saat kegiatan pembelajaran di dalam kelas tergolong sangat baik sebesar 80%. Terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagodik guru terhadap kenyamanan belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien regresi sebesar 0,180 dan dengan nilai t hitung lebih besar dari pada t tabel (4,113>2,00172), dan tingkat signifikansi t sebesar 0,027 lebih kecil dari 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru, Kenyamanan Belajar, Akidah Akhlak.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Aug 2020 02:55
Last Modified: 12 Aug 2020 02:55
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3141

Actions (login required)

View Item View Item