Syuhada, Alfian Noor (2019) Studi Komparasi Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajarah Fiqih Kelas VIII antara Siswa yang Menggunakan Media Power Point dan Tanpa Media Power Point Di MTs Ma’ahid Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Kudus: Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). IAIN Kudus. 2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. Cover-Kata Pengantar.pdf Download (762kB) |
|
Text
02. Abstrak.pdf Download (309kB) |
|
Text
03. Daftar Isi.pdf Download (115kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (251kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (358kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (496kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (587kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (403kB) |
|
Text
09. Daftar Pustaka.pdf Download (127kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penggunaan media power point pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs Ma’ahid Kudus tahun ajaran 2019/2020. (2) mengetahui motivasi belajar peserta didik sebelum dan setelah penggunaan media power point pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs Ma’ahid Kudus tahun ajaran 2019/2020 (3) mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa mata pelajaran fiqih kelas VIII antara siswa yang menggunakan media power point dan tanpa menggunakan media power point di MTs Ma’ahid Kudus tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menngunakan pendekatan kuantitatif, metode penelitian yang digunakan adalah penelitian komparasi. Instrumen penelitian berupa lembar observasi guru, angket motivasi belajar siswa (pretest dan posttest). Analisis deskriptif untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Analisis statistik inferensial uji-t digunakan untuk melihat perbedaan motivasi belajar siswa mata pelajaran fiqih kelas VIII antara siswa yang menggunakan media power point dan tanpa menggunakan media power point melalui program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran fiqih pada mata pelajaran fiqih di MTs Ma’ahid Kudus dengan media power point menunjukkan semua langkah-langkah kegiatan yang dilakukan oleh guru pada setiap pertemuan dilaksanakan dengan baik (2) motivasi belajar siswa sebelum dan setelah penggunaan media power point, dilihat dari hasil hasi uji t test menghasilkan , thitung yang diperoleh adalah −1,008 dan ttabel adalah 1,995 jadi thitung lebih kecil dari ttabel (-1,008 < 1,995). Adapun hasil uji independent t-test melalui program SPSS mendapatkan nilai Sig (2-tailed) 0.235 jadi lebih besar dari 0.05 (0.235 > 0.05). sedangkan setelah diberi treatment motivasi belajar siswa berbeda, dilihat dari hasl uji t test menghasilkan thitung yang diperoleh adalah 5,93 dan ttabel adalah 1,995 jadi thitung lebih besar dari ttabel (5,93 > 1,995). (3) Ada perbedaan motivasi belajar siswa antara kelas yang memakai media power point dan kelas yang tidak memakai media power point dilihat dari hasil uji paired sampel t-test melalui program SPSS mendapatkan nilai Sig (2-tailed) 0.00 lebih kecil dari 0.05 (0.00 < 0.05). pada kelas yang memakai media power point sedangkan nilai Sig (2-tailed) 0.70 lebih besar dari 0.05 (0.70 > 0.05) pada kelas yang tidak memakai media power point
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Power Point, Motivasi Belajar, Fiqih |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 24 Aug 2020 02:41 |
Last Modified: | 24 Aug 2020 02:41 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3187 |
Actions (login required)
View Item |