Suzana, Endang (2019) Pelaksanaan Program Tahfidz AlQur’an dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa di MTs NU Al Hidayah Getassrabi Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (24MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa di MTs NU Al Hidayah Getassrabi Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. 2) Faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa di MTs NU Al Hidayah Getassrabi Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian field research (penelitian lapangan) yang disajikan secara deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari observasi, wawancara dari kepala madrasah, kepala program tahfidz, guru tahfidz dan siswa tahfidz, dan dokumentasi. Data penelitian dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, menggunakan bahan referensi dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa di MTs NU Al Hidayah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan beberapa aspek, meliputi: Pertama, kontinuitas siswa dalam menghafal, mengulang dan mengingat-ingat ayat al-Qur’an. Kedua, Pelaksanaannya yang menggunakan berbagai metode meliputi metode membaca bin nadzor, metode wahdah, metode talaqqi, metode takrir. Ketiga, Prestasi siswa yang meningkat. Keempat, dengan melalui tes lisan dan tes tulis dapat mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan daya ingat siswa dalam menghafal al-Qur’an. 2) Faktor pendukung pelaksanaan program tahfidz al-Qur’an dalam meningkatkan daya ingat siswa di MTs NU Al Hidayah meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Adapun faktor internalnya adalah adanya keinginan dari diri sendiri, dukungan orang tua, motivasi bapak ibu guru, motivasi dari pihak madrasah. Adapun faktor eksternalnya adalah gedung tahfidz yang strategis, siswa yang bertempat tinggal di pondok, jam tahfidz yang sudah mencukupi, tenaga kerja guru yang sudah mencukupi, animo atau respect masyarakat yang sangat baik, dan mempunyai teman yang sama-sama menghafal al-Qur’an. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Adapun faktor internalnya adalah munculnya rasa malas dan bosan dalam menghafal,, kemampuan siswa yang berbeda-beda dalam menghafal, masalah pembenahan bacaan siswa, terkadang ada ayat yang susah dihafal dan sering lupa ayatnya. Adapun faktor eksternalnya adalah siswa tahfidz yang tidak ada fasilitas boarding school, elektronik seperti hp dan televisi yang berlebihan, kesibukan organisasi, lingkungan pergaulan yang buruk dari teman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an, Daya Ingat Siswa. |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 25 Aug 2020 02:37 |
Last Modified: | 25 Aug 2020 02:37 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3206 |
Actions (login required)
View Item |