Pengaruh Strategi Prediction Guide dan Penggunaan Media Powerpoint terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Nurul Ilmi Bategede Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019

Zahro, Ema Fatimatuz (2019) Pengaruh Strategi Prediction Guide dan Penggunaan Media Powerpoint terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Nurul Ilmi Bategede Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (181kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (425kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (952kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (978kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (728kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (887kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin berkembangnya inovasi penggunaan strategi dan media pembelajaran akhir-akhir ini. Dengan perkembangan yang ada di dunia pendidikan saat ini, menghendaki suatu pembelajaran dengan cara pengaktifan siswa. Berbagai strategi dan media pembelajaranpun sudah mulai banyak diterapkan. Diantaranya yaitu penggunaan strategi prediction guide dan penggunaan media powerpoint. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh strategi prediction guide terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Nurul Ilmi. 2) Pengaruh penggunaan media powerpoint terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Nurul Ilmi. 3) Pengaruh strategi prediction guide dan penggunaan media powerpoint terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI di MTs Nurul Ilmi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif yang bersifat korelasional. Responden dalam penelitian ini adalah siswa MTs Nurul Ilmi Bategede Nalumsari Jepara. Peneliti mengambil sampel sebesar 38 siswa yang terdiri dari 11 laki-laki dan 27 perempuan dari populasi yang berjumlah 380 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi prediction guide secara positif berpengaruh terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Nurul Ilmi. Hal ini bisa dilihat dari hasil uji t yang diperoleh nilai thitung sebesar 2,696. Dengan demikian, thitung lebih besar dari pada ttabel (2,696 > 2,030) sehingga strategi prediction guide secara positif berpengaruh terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Nurul Ilmi. 2) Penggunaan media powerpoint secara positif berpengaruh terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Nurul Ilmi. Hal ini bisa dilihat dari hasil uji t yang diperoleh nilai thitung sebesar 4,169. Dengan demikian, thitung lebih besar dari pada ttabel (4,169 > 2,030) sehingga penggunaan media powerpoint secara positif berpengaruh terhadap pemahaman siswa. 3) Hasil uji F yang menghasilkan besaran nilai Fhitung sebesar 9,517. Fhitung lebih besar dari Ftabel (9,517 > 3,27) sehingga strategi prediction guide dan penggunaan media powerpoint berpengaruh secara positif terhadap pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: : Strategi Prediction Guide, Penggunaan Media Powerpoint, Pemahaman Siswa.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 01 Sep 2020 07:40
Last Modified: 01 Sep 2020 07:40
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3262

Actions (login required)

View Item View Item