Upaya Penanganan Problematika Anak Tuna Rungu dengan Menggunakan Model Face to Face dalam Meningkatkan Kerukunan Berkomunikasi di Sekolah DasarSemai(Inklusi) Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020”

Susanto, Fery (2019) Upaya Penanganan Problematika Anak Tuna Rungu dengan Menggunakan Model Face to Face dalam Meningkatkan Kerukunan Berkomunikasi di Sekolah DasarSemai(Inklusi) Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020”. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1.Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (949kB)
[img] Text
2.Abstrak.pdf

Download (197kB)
[img] Text
3.Daftar Isi.pdf

Download (83kB)
[img] Text
4.BAB I.pdf

Download (261kB)
[img] Text
5.BAB II.pdf

Download (515kB)
[img] Text
6.BAB III.pdf

Download (257kB)
[img] Text
7.BAB IV.pdf

Download (406kB)
[img] Text
8.BAB V.pdf

Download (134kB)
[img] Text
9.Daftar Pustaka.pdf

Download (200kB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui (1) Penanganan Problematika Anak Tuna Rungu Dengan Menggunakan Model Face To Face di SD Semai Jepara, (2) untuk mengetahui peningkatan kerukunan berkomunikasi anak tuna rungu di SD Semai Jepara, (3) untuk mengetahui Upaya Penanganan Problematika Anak Tuna Rungu Dengan Menggunakan Model Face To FaceDalam Meningkatkan Kerukunan Berkomunikasi Di Sekolah Dasar Semai (Inklusi) Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian jenis lapangan dengan pendekatan kualitatif studi kasus. Adapun subjek penelitian adalah guru kelas, GPK dan anak tuna rungu kelas III di SD Semai (Inklusi) Jepara. Instrumen utama penelitian ini adalah human instrumen. Sedangkan intrumen pendukung adalah wawancara, observasi dan analisis dokumen yang berkaitan dengan upaya penanganan problematika anak tuna rungu dengan model face to facedalam meningkatkan kerukunan komunikasi di SD Semai Jepara. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yang meliputi reduction, display, dan verification atau menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penanganan problematika anak tuna rungu dengan menggunakan model pembelajaran face to facemenurut peneliti dikategorikan cukup efektif.Hal ini dibuktikan adanya proses pembelajaran dari guru kelas yang dimulai dari guru menerangkan materi ke semua peserta didik kemudian dilanjutkan memberi layanan belajar anak tuna rungu dengan model face to face.Dari pelayanan tersebut, di dapatkan hasil bahwa anak tuna rungu mulai dapat memahami isi pesan yang disampaikan orang lain.Hanya saja, model face to face ini memiliki kekurangan dalam proses pembelajarannya yaitu: memerlukan waktu yang banyak karena guru mengulangi materi dan anak tuna rungu juga cepat bosan karena belajarnya hanya bersama guru.(2) Peningkatan kerukunan komunikasi anak tuna rungumenurut peneliti dikategorikan cukup signifikan. Hal ini dibuktikan dengan anak tuna dapat berkomunikasi melalui tulisan. Sehinggamuncullah kesadaran anak dalam menjalin kerukunan berkomunikasi di lingkungan sekolah. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata ujian tengah semester I anak tuna rungu pada mata pelajaran PAI, PKn dan Bahasa Indonesia anak tuna rugu yang mendapatkan nilai 75.(3) Adapun upaya penanganan problematika anak tuna dengan menggunakan model face to face untuk meningkatkan kerukunan komunikasi di SD Semai Jepara menurut peneliti dikategorikan cukup efektif dan cukup signifikan.Hal ini dibuktikan dengan adanya penjelasan hasil penelitian nomer 1 dan 2. Dalam hal ini juga dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata ujian tengah semester I anak tuna rungu pada mata pelajaran PAI, PKn dan Bahasa Indonesia anak tuna rugu yang mendapatkan nilai 75 di atas nilai rata-rata KKM: 70.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penanganan, Problematika, Anak Tuna Rungu, Model Pembelajaran, Face To Face, Kerukunan, Komunikasi, Sekolah Dasar, Inklusi
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 11 Sep 2020 02:51
Last Modified: 11 Sep 2020 02:51
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3271

Actions (login required)

View Item View Item