Marlangen, Meka (2019) Eksperimentasi Pemanfaatan Media Strip Story Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VIII Di MTs NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1 cover-kata pegnantar.pdf Download (2MB) |
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (312kB) |
|
Text
3 daftar isi.pdf Download (672kB) |
|
Text
4 bab i.pdf Download (1MB) |
|
Text
5 bab ii.pdf Download (2MB) |
|
Text
6 abab iii.pdf Download (1MB) |
|
Text
6 abab iii.pdf Download (1MB) |
|
Text
7 bab iv.pdf Download (3MB) |
|
Text
8 bab v.pdf Download (327kB) |
|
Text
9 Daftar Pustaka.pdf Download (340kB) |
Abstract
Permasalahan pemahaman siswa dapat ditingkatkan diantaranya adalah dengan menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan alat yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi tentang materi pembelajaran yang dapat mendorong minat siswa. Media pembelajaran strip story adalah salah satu media pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam materi pembelajaran Al-Qur’an Hadits yang banyak memuat ayat-ayat beserta kandungan dari ayat tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pemahaman siswa antara kelas yang menggunakan media strip story dengan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional saja. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan bentuk true experimental design. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan postest only. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Responden penelitian ini berjumlah 44 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pemahaman siswa kelas kontrol memiliki rata-rata sebesar 65 dalam interval (64-76) tergolong sedang, dan pemahaman siswa pada kelas eksperimen memiliki rata-rata sebesar 87 dalam interval (84-92) tergolong tinggi. Untuk pengujian signifikansi hipotesis deskriptif diperoleh hitung sebesar 10,910 dibandingkan dengan tabel 5% adalah 7,815 sehingga hitung lebih besar dari tabel (10,910 > 7,815), maka ditolak dan diterima maka dapat dinyatakan “pemahaman siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII menggunkan media strip story di MTs NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus tahun pelajaran 2019/2020 memiliki kategori yang berbeda”. Untuk pengujian signifikansi hipotesis komparatif diperoleh hitung sebesar 8,801 dibandingkan dengan tabel 5% adalah 3,841 sehingga hitung lebih besar dari tabel (8,801 > 3,841), maka ditolak dan diterima dan dapat dinyatakan bahwa “terdapat pengaruh penerapan media strip story dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII MTs NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus tahun pelajaran 2019/2020”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Strip Story; Pemahaman Siswa; Al-Qur’an Hadits |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 02 Oct 2020 02:28 |
Last Modified: | 02 Oct 2020 02:28 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3319 |
Actions (login required)
View Item |