Miftah,, Abdullah (2019) Analisis Kompetensi Sosial dan Kompetensi Kepribadian Guru (Studi pada Tokoh Harun dalam Novel Ketika Cahaya Berpijar Karya Arif Yosodipuro). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (141kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (162kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (381kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (672kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (346kB) |
|
Text
7.BAB IV.pdf Download (811kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (283kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (292kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian guru yang terdapat pada novel Ketika Cahaya Berpijar karya Arif Yosodipuro. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), dengan menggunakan pendekatan deskriptif interpretatif. Pengumpulkan data menggunakan teknik dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan metode analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kompetensi sosial guru (Harun) yang terdapat dalam novel Ketika Cahaya Berpijar karya Arif Yosodipuro yaitu: a) menyampaikan informasi tentang kemajuan, kesulitan, dan potensi siswa; b) berperan aktif dalam kegiatan di luar pembelajaran; c) memperhatikan sekolah sebagai bagian dari masyarakat, berkomunikasi dengan masyarakat sekitar, serta berperan dalam kegiatan sosial masyarakat; d) memperlakukan semua siswa dengan adil; e) menjaga hubungan baik dan peduli dengan teman sejawat, f) berkontribusi positif terhadap semua diskusi formal dan informal terkait dengan pekerjaannya, guru sering berinteraksi dengan siswa, tidak membatasi perhatiannya hanya pada kelompok tertentu; g) guru mampu beradabtasi di lingkungan yang memiliki keaneragaman sosial masyarakat, h) guru mampu menyesuaikan diri, toleransi, menghormati keaneragaman budaya di wilayah pengabdiannya. 2) Kompetensi kepribadian guru (Harun) yang terdapat dalam novel adalah sebagai berikut: a) bertindak sesuai dengan norma sosial dan hukum, b) bangga sebagai guru, c) memiliki konsistensi dalam bertindak sesuai norma, d) menampilkan kemandirian dalam bertindak sebagai pendidik, e) memiliki etos kerja sebagai pendidik, f) menampilkan tindakan yang didasarkan pada kemanfaatan peserta didik, sekolah, dan masyarakat. g) menunjukkan keterbukaan dalam berpikir dan bertindak, h) memiliki perilaku yang berpengaruh positif terhadap peserta didik, i) memiliki perilaku yang disegani, j) bertindak sesuai norma religius (iman dan takwa, jujur, ikhlas, suka menolong), k) memiliki perilaku yang diteladani peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Kompetensi Sosial, Kompetensi kepribadian, Guru, Novel Ketika Cahaya Berpijar |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 27 Nov 2020 03:02 |
Last Modified: | 27 Nov 2020 03:02 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3335 |
Actions (login required)
View Item |