Pengaruh Metode Pembelajaran Guiding Small Discussion terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas VIIIA dan IXB pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Badrul Ulum Sidigede Welahan Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019

Anam, Fatah Misbakhul (2019) Pengaruh Metode Pembelajaran Guiding Small Discussion terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas VIIIA dan IXB pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Badrul Ulum Sidigede Welahan Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (902kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (180kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (212kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (415kB)
[img] Text
bab II.pdf

Download (555kB)
[img] Text
bab III.pdf

Download (241kB)
[img] Text
bab IV.pdf

Download (655kB)
[img] Text
bab V.pdf

Download (123kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode Pembelajaran guiding small discussion terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa kelas VIIIA dan IXB pada mata pelajaran Fiqih di MTs Badrul Ulum Sidigede Welahan Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019. Untuk mengetahui metode pembelajaran guiding small discussion siswa kelas VIIIA dan IXB pada mata pelajaran Fiqih di MTs Badrul Ulum Sidigede Welahan Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019. Untuk mengetahui kemampuan berfikir kreatif siswa kelas VIIIA dan IXB pada mata pelajaran Fiqih di MTs Badrul Ulum Sidigede Welahan Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian field research (riset lapangan), sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yaitu untuk melihat apakah antara dua variabel atau lebih memiliki hubungan atau korelasi atau tidak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket. Teknik analisis data menggunakan pengujian validitas dan reliabilitas instrumen, uji asumsi klasik, koefisien korelasi product moment dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan metode Pembelajaran guiding small discussion terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa kelas VIIIA dan IXB pada mata pelajaran Fiqih di MTs Badrul Ulum Sidigede Welahan Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 berlangsung dengan baik, sesuai dengan tabulasi jawaban responden yang masuk dalam kategori sangat baik dengan skor 66,13%. Kemampuan berfikir kreatif siswa kelas VIIIA dan IXB pada mata pelajaran Fiqih di MTs Badrul Ulum Sidigede Welahan Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 telah meningkat dengan baik, sesuai dengan tabulasi jawaban responden yang masuk dalam kategori sangat baik dengan skor 75,81%. Terdapat pengaruh metode pembelajaran guiding small discussion terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa kelas VIIIA dan IXB pada mata pelajaran Fiqih di MTs Badrul Ulum Sidigede Welahan Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019, berdasarkan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (4,113>2,00030), sehingga strategi pembelajaran kelompok kecil untuk menyelesaikan suatu permasalahan dengan melakukan diskusi dengan melibatkan antar peserta didik terbukti mampu meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Guiding Small Discussion, Kemampuan Berfikir Kreatif, Fiqih
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Dec 2020 08:12
Last Modified: 11 Dec 2020 08:12
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3344

Actions (login required)

View Item View Item