Aktivitas Ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di MTs Manbaul Ulum Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2019

Widyarti, Nanik (2019) Aktivitas Ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di MTs Manbaul Ulum Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (347kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (438kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (729kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (420kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (766kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (293kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk Mengetahui Kemampuan Membaca Al-Qur’an di MTs Manbaul Ulum Gebog Kudus. (2) Untuk Mengetahui Pelaksanaan Ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an di MTs Manbaul Ulum Gebog Kudus. (3) Untuk Mengetahui adakah Pengaruh Aktivitas Ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an di MTs Manbaul Ulum Gebog Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sumber data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, serta angket. Dalam penelitian ini menggunakan teknik Sampling Jenuh. Teknik sampling jenuh adalah mengunakan semua anggota populasi sebagai sampel. Pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII di MTs Manbaul Ulum yang mengikuti ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur’an yang berjumlah 21 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, linieritas, dan regresi linier sederhana, uji t dengan bantuan SPSS for Windows 16.0. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, aktivitas ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur’an termasuk dalam kategori (Baik) berada pada interval 41 – 52. Sedangkan Kemampuan membaca Al-Qur’an termasuk dalam kategori (Baik) berada pada interval 39–50. Hasil uji regresi linear sederhana diperoleh persamaan regresi Y=-22.124+1.575X. sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y. Dari pengujian hipotesis penelitian menggunakan “uji t” pengaruh aktivitas ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur’an terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an sebesar 10.863 > 2.09302. Hal ini terbukti bahwa > dengan taraf signifikasi 5% dengan dk = n-2, maka Ha diterima. Menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara aktivitas ekstrakurikuler baca tulis AlQur’an terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MTs Manbaul Ulum Gebog Kudu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an, Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Dec 2020 11:39
Last Modified: 11 Dec 2020 11:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3347

Actions (login required)

View Item View Item