Dewi, Erma Rosmala (2019) Implementasi Pendekatan Rational Emotif Therapy Dalam Mengatasi Ketakutan Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran SKI di MTs NU Al-Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1 BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (423kB) |
|
Text
3 DAFTAR ISI.pdf Download (205kB) |
|
Text
4 BAB I.pdf Download (380kB) |
|
Text
5 BAB II.pdf Download (636kB) |
|
Text
6 BAB III.pdf Download (395kB) |
|
Text
7 BAB IV.pdf Download (882kB) |
|
Text
8 BAB V.pdf Download (274kB) |
|
Text
9 Daftar Pustaka.pdf Download (342kB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendekatan Rational Emotive Therapy dan kendala yang dihadapi serta solusi yang diberikan pada saat pelaksanaan pembelajaran untuk menghilangkan rasa takut siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara terstrukur, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dengan cara uji kredibilitas, uji dependability, uji confirmability, dan triangulasi. Analisis data menggunakan teori Miles and Huberman. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, guru BK dan siswa kelas IX A. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: implementasi pendekatan Rational Emotif Therapy dalam mengatasi ketakutan siswa kelas IX pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan yaitu dengan cara pendidik mengajak siswa untuk berfikir positif terlebih dahulu, kemudian pendidik memberikan motivasi berupa kata-kata ajakan kepada peserta didik di awal pembelajaran dan diselasela inti pembelajaran. Faktor pendukung Pendekatan Rational Emotive Therapy dalam mengatasi ketakutan siswa kelas IX pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam adalah adanya kesiapan pendidik, kelas yang nyaman, sarana dan prasarana seperti kipas angina, papan tulis, meja, kursi, LCD Proyektor, serta motivasi dari pendidik. Selain itu juga didorong dengan memberikan tugas yang menggunakan media sosial untuk tugas rumah peserta didik. Sedangkan faktor penghambat dari penggunakan pendekatan ini adalah kurangnya rasa semangat dari dalam diri peserta didik, merasa lelah atau sakit saat pembelajaran, kurangnya minat belajar siswa serta kurangnya pengetahuan peserta didik. Dampak pendekatan Rational Emotive Therapy dalam mengatasi ketakutan siswa kelas IX pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam memiliki dampak yang baik bagi pendidik dan peserta didik. Penggunaan pendekatan ini bagi pendidik memiliki rasa kepuasan tersendiri ketika melakukan pembelajaran Sejarah kebudayaan Islam. Sedangkan bagi peserta didik memiliki rasa percaya diri dan minat yang tinggi terhadap pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, sehingga pendidik lebih mudah mengajak peserta didik untuk lebih mendalami materi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Rational Emotif Therapy, Mengatasi Ketakutan Siswa, Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 16 Dec 2020 04:01 |
Last Modified: | 16 Dec 2020 04:01 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3354 |
Actions (login required)
View Item |