NAWIROH, NAWIROH (2016) PENGARUH METODE PEER LESSONS DAN RESIDENT EXPERT TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MA SUNAN PRAWOTO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. cover.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (289kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (432kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (215kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (438kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (597kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (453kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (240kB) |
Abstract
NAWIROH, 112268. Pengaruh Metode Peer Lessons dan Resident Expert terhadap Keterampilan Sosial Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MA Sunan Prawoto Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Jurusan Tarbiyah, Prodi Pendidikan Agama Islam, STAIN Kudus. 2016. Keberhasilan suatu pendidikan tidak hanya diukur dari pencapaian kognitif saja, tetapi yang lebih penting juga adalah afektif dan perilakunya. Sikap saling menghormati dan menghargai dalam interaksi sosial baik di sekolah dan luar sekolah perlu mendapatkan perhatian. Oleh sebab itu hendaknya, dalam memilih metode pembelajaran guru memilih metode yang dapat menumbuhkan keaktifan siswa baik secara individu maupun kelompok, dengan demikian baik ranah kognitif maupun afektif dapat dikembangkan melalui proses pembelajaran secara bersamaan. Metode tersebut adalah metode peer lessons dan metode resident expert. Kurangnya keterampilan sosial merupakan salah satu penyebab tingkah laku seseorang yang tidak diterima secara sosial. Kurangnya keterampilan sosial ditunjukkan oleh beberapa siswa baik dari sekolah ataupun madrasah. Mulai dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan sederajat bahkan sampai ke Perguruan Tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode peer lessons dan resident expert terhadap keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MA Sunan Prawoto. Penelitian ini menggunakan jenis field research dan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode angket yang disebarkan pada responden dengan sampel sebanyak 100 siswa dengan teknik simple random sampling. Adapun lokasi penelitian di MA Sunan Prawoto yakni pada kelas X. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh positif metode peer lessons terhadap keterampilan sosial siswa dengan rx y 0,851, R2 = 72,4%, Freg hitung 257,179 > Ftabel 3,94 (5%) dan Ŷ = 13,745 + 0,748 X 1. (2) Terdapat pengaruh positif metode resident expert terhadap keterampilan sosial siswa dengan rx y = 0,799, R2= 60,7%, Freg hitung 151,215 > Ftabel 3,94 (5%) dan Ŷ = 24,8582 + 0,623X. (3) Ada pengaruh positif dan signifikan antara metode peer lessons dan metode resident expert secara simultan terhadap keterampilan sosial siswa. Hasil analisis didapatkan perhitungan diperoleh Ryx1x2: 0,866 dan R2: 75% melalui taksiran Y=12,847 + 0,558 X₁ + 0,215 X₂. Kemudian Freg hitung 145,320 > Ftabel 3,09 (5%) dengan dk 2: 97, sehingga dinyatakan signifikan, dengan besaran pengaruh 75% , sedangkan sisanya 25% dipengaruhi oleh variabel lain yang belum diteliti oleh peneliti. Kata kunci: Metode peer lessons, metode resident expert, dan keterampilan sosial
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode peer lessons; metode resident expert; dan keterampilan sosial |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Feb 2017 04:03 |
Last Modified: | 04 Feb 2017 04:03 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/341 |
Actions (login required)
View Item |