Chusnah, Fatikhatul (2016) HUBUNGAN STRATEGI SYNERGETIC TEACHING DAN PENGEMBANGAN PENGALAMAN BELAJAR TERHADAP KENYAMANAN DALAM PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS MIFTAHUL HUDA BULUNGAN PAKIS AJI JEPARA TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hubungan strategi synergetic teaching terhadap kenyamanan dalam prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Miftahul Huda Bulungan Pakis Aji Jepara Tahun Ajaran 2015/2016. (2) Hubungan pengembangan pengalaman belajar terhadap kenyamanan dalam prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Miftahul Huda Bulungan Pakis Aji Jepara Tahun Ajaran 2015/2016. (3) Hubungan strategi synergetic teaching dan pengembangan pengalaman belajar terhadap kenyamanan dalam prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Miftahul Huda Bulungan Pakis Aji Jepara Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian korelasional, karena penelitian ini digunakan untuk menguji hipotesis tentang hubungan antar variabel atau untuk menyatakan besar kecilnya hubungan antara dua variabel atau lebih. Sedangkan pendekatan dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Peneliti melakukan studi lapangan di MTs Miftahul Huda Bulungan Pakis Aji Jepara yakni pada ruang lingkup kelas VIII. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari peserta didik kelas VIII sejumlah 122 peserta didik, kemudian diambil sampel sebesar 92 peserta didik. Cara pengambilan sampelnya dengan menggunakan tehnik simple random sampling. Dalam analisis ini peneliti menggunakan analisis statistik yaitu korelasi sederhana dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara strategi synergetic teaching terhadap kenyamanan dalam prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Miftahul Huda Bulungan Pakis Aji Jepara sebesar 0,190, terbukti bahwa pada taraf signifikansi 5% diperoleh rh 0,19 < rt 0,202 serta pada taraf signifikansi 1% rh 0,19 < rt0,263. (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara pengembangan pengalaman belajar terhadap kenyamanan dalam prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Miftahul Huda Bulungan Pakis Aji Jepara Tahun Ajaran 2015/2016 sebesar 0,36, terbukti bahwa pada taraf signifikansi 5% adalah rh 0,36 > rt 0,202 serta pada taraf signifikansi 1% rh 0,36 > rt 0,263. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan strategi synergetic teaching dan pengembangan pengalaman belajar secara simultan terhadap kenyamanan dalam prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Miftahul Huda Bulungan Pakis Aji Jepara Tahun Ajaran 2015/2016 sebesar 0,363, hal ini terbukti bahwa pada taraf signifikansi 5% adalah rh 0,363 > rt 0,202 serta pada taraf signifikansi 1% rh 0,363 > rt 0,263.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi synergetic teaching; pengembangan pengalaman belajar; kenyamanan dalam prestasi belajar |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Feb 2017 04:21 |
Last Modified: | 04 Feb 2017 04:21 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/349 |
Actions (login required)
View Item |