Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Humanistik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas V MI NU Istiqlal Ploso Jati Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021

Tanwir, Habib (2020) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Humanistik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas V MI NU Istiqlal Ploso Jati Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (331kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (305kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (390kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (531kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (386kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (515kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (619kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (645kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan pembelajaran humanistik pada mata pelajaran Fiqih kelas V MI NU Istiqlal Ploso Jati Kudus. Mengetahui hasil belajar Fiqih kelas V MI NU Istiqlal Ploso Jati Kudus. Mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran humanistik terhadap hasil belajar Fiqih kelas V MI NU Istiqlal Ploso Jati Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang termasuk jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metodeItes. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V MI NU Istiqlal Ploso Jati Kudus yang berjumlah 32 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran humanistik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih Kelas V MI NU Istiqlal Ploso Jati Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Berdasarkan nilai t hitung > t tabel yaitu sebesar (2,492>2,04227). Didukung dengan nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 yaitu menunjukkan nilai sebesar 0,026. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran humanistik berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih Kelas V MI NU Istiqlal Ploso Jati Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021 sebesar 47,6%, hal tersebut sesuai dengan hasil penyebaran angket menyatakan bahwa pembelajaran humanistik siswa pada mata pelajaran Fiqih Kelas V MI NU Istiqlal Ploso Jati Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021 tergolong sangat baik. Setiap orang memiliki kecepatan belajar yang berbeda-beda sehingga keberhasilan belajar akan tercapai jika seseorang mampu memahami diri dan lingkungannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Humanistik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas V MI NU Istiqlal Ploso Jati Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Feb 2021 06:41
Last Modified: 10 Feb 2021 06:41
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3499

Actions (login required)

View Item View Item