Sumbangan Konsep Pembelajaran Aktif Poster Session terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika

Thohiroh, Siti (2020) Sumbangan Konsep Pembelajaran Aktif Poster Session terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (334kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (361kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (645kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (807kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (302kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (744kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (286kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (439kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pembelajaran aktif Poster Session untuk mendorong siswa aktif dalam belajar matematika. Untuk mengetahui sumbangan konsep pembelajaran aktif Poster Session terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Untuk mengetahui kendala dalam menerapkan pembelajaran aktif Poster Session terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Sumber data dalam penelitian ini adalah berbagai literatur berupa buku-buku, jurnal maupun artikel yang membahas tentang strategi pembelajaran aktif Poster Session, keaktifan belajar dan matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konsep pembelajaran aktif Poster Session untuk mendorong siswa aktif dalam belajar matematika dimulai dengan guru menjelaskan topik kepada siswa. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok disesuaikan dengan jumlah siswa dikelas. Kemudian setiap kelompok diminta untuk mendiskusikan topik, guru meminta kepada setiap peserta didik untuk menyeleksi sebuah topik yang dikaitkan dengan topik umum atau yang sedang didiskusikan atau dipelajari dan selanjutnya dituangkan dalam bentuk gambar. Kemudian wakil masing-masing kelompok diminta mempresentasikan hasil gambarnya di depan kelas dan meminta kelompok lain untuk menanggapinya. Setelah perwakilan masing-masing kelompok mempresentasikan hasil gambar kemudian guru memberikan penjelasan atau klarifikasi secukupnya. 2) Sumbangan konsep pembelajaran aktif Poster Session terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Matematika yaitu peserta didik menjadi siap memulai pelajaran. Peserta didik aktif bertanya dan mencari informasi terkait topik yang dibahas. Kecerdasan peserta didik diasah pada saat peserta didik mencari informasi tentang materi tanpa bantuan guru. Mendorong tumbuhnya keberanian mengutarakan pendapat. 3) Kendala dalam menerapkan pembelajaran aktif Poster Session terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Matematika yaitu keterbatasan waktu. Kendala selanjutnya yaitu keterbatasan materi, peralatan dan sumber daya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Aktif Poster Session, Keaktifan Belajar Siswa, Mata Pelajaran Matematika
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Feb 2021 06:38
Last Modified: 22 Feb 2021 06:38
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3585

Actions (login required)

View Item View Item