Implementasi Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif (Studi Pada LKMS Assa Berkah Sejahtera Kudus)

Sari, Dewi Sekar (2020) Implementasi Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif (Studi Pada LKMS Assa Berkah Sejahtera Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (194kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (417kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (501kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (365kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (527kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (201kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (444kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui implementasi strategi pemasaran LKMS Assa Berkah Sejahtera Kudus. 2) untuk menganalisis kelebihan dan kelemahan implementasi strategi pemasaran untuk meningkatkan keunggulan kompetitif di LKMS Assa Berkah Sejahtera Kudus dengan analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan pendekatan field research dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dengan informan 3 orang (manajer, supervisor dan anggota). Lokasi penelitian ini di LKMS Assa Berkah Sejahtera Kudus dengan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil temuan penelitian ini adalah: 1) implementasi strategi pemasaran LKMS Assa Berkah Sejahtera Kudus menggunakan marketing mix 7P, yaitu produk, harga, lokasi, promosi, proses, orang, dan bukti fisik pada kegiatan usaha penyimpanan dan pembiayaan dengan menggunakan sistem jemput bola. 2) kelebihan dan kelemahan implementasi strategi pemasaran untuk meningkatkan keunggulan kompetitif di LKMS Assa Berkah Sejahtera Kudus dapat dilihat dari analisis SWOT, yaitu: peluang, prospek LKMS Assa Berkah Sejahtera Kudus cukup baik karena masyarakat menyambut dengan hanggat sebab cara memberikan pinjaman adalah golongan menengah ke bawah dengan sistem jemput bola. Kelemahan, dalam pengadaan aktivitas usaha pengurus dihadapi pada kendala kredit macet dan penunggakan yang sulit diatasi. Ancaman, berupa banyak persaingan dari lembaga-lembaga serupa terutama bank besar yang membuka unit unit simpan pinjam, kurangnya pemahaman masyarakat tentang syariah, sehingga menyamakan konsep konvensional dengan syariah. Kekuatan, peluang jasa keuangan dan ekonomi berbasis syariah (keuangan syariah) terbuka lebar. Melihat dari hasil analisis SWOT di atas, maka dapat dipahami bahwa LKMS Assa Berkah Sejahtera Kudus sudah mencapai keunggulan kompetitif terlihat dari beberapa hal yang dilakukan seperti menguatkan pelayanan pinjaman dan tabungan dengan sistem jemput bola, melakukan manajemen resiko dalam pemberian pinjaman kepada anggota, serta terus melakukan pendekatan kepada anggota agar selalu dipercaya dan anggota memiliki komitmen kepada LKMS Assa Berkah Sejahtera Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Strategi Pemasaran, Keunggulan Kompetitif, SWOT
Subjects: Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Feb 2021 06:03
Last Modified: 26 Feb 2021 06:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3607

Actions (login required)

View Item View Item