Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Tematik Terhadap kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di MI NU AL-Khurriyah 02 Besito Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2019-2020

Rukenan, Hadi (2020) Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Tematik Terhadap kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di MI NU AL-Khurriyah 02 Besito Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2019-2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (373kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (405kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (633kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (499kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (824kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (384kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran tematik terhadap kesulitan belajar matematika siswa kelas V, kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran matematika di kelas V, dan mengetahui pengaruh penggunaan pembelajaran tematik dalam mata pelajaran matematika terhadap kesulitan belajar siswa di MI NU Al-Khurriyah 02 Besito Gebog Kudus tahun ajaran 2019-2020. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Pengambilan data penelitian ini menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI NU Al-Khurriyah 02 Besito Gebog Kudus yang berjumlah 25 siswa terdiri dari 14 peserta didik laki-laki dan 11 peserta didik perempuan. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi sederhana dengan bantuan SPSS versi 17.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan antara kedua variabel penggunaan pendekatan pembelajaran tematik dengan kesulitan belajar adalah 0, 686 yang termasuk dalam kategori kuat. Nilai R Square diperoleh sebesar 0,470 nilai tersebut menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran tematik efektif memberikan pengaruh terhadap kesulitan belajar matematika sebesar 47%. Berdasarkan hasil uji hipotesis uji t diperoleh nilai t_hitung 3,694 t_tabel 1,711 dengan signifikansi 0,001 yang berada dibawah 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa t_hitung lebih besar dari t_tabel (3,694 > 1,711), maka H_0 ditolak H_a diterima. Kontribusi pengaruh variabel penggunaan pendekatan pembelajaran tematik sebesar 47% terhadap kesulitan belajar matematika siswa. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan pendekatan pembelajaran tematik berpengaruh secara signifikan terhadap kesulitan belajar matematika siswa kelas V di MI NU Al-Khurriyah 02 Besito Gebog Kudus tahun ajaran 2019-2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Pembelajaran Tematik, Kesulitan Belajar.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Mar 2021 07:57
Last Modified: 18 Mar 2021 07:57
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3682

Actions (login required)

View Item View Item