Implementasi Strategi 6R pada Bisnis Ritel untuk Menghadapi Persaingan Usaha dalam Prespektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Minimarket Pura Tanjung Mas Kudus)

Sani, Nur Miladiyah (2020) Implementasi Strategi 6R pada Bisnis Ritel untuk Menghadapi Persaingan Usaha dalam Prespektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Minimarket Pura Tanjung Mas Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (912kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (120kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (128kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (599kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (197kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB)

Abstract

Ada tiga persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yakni tentang bagaimana penerapan dari strategi 6R dalam retailling dalam menghadapi pesatnya usaha ritel lainnya, faktor apa saja yang mendukung dan menghambat bisnis ritel di Minimarket Pura Tanjung Mas Kudus serta pandangan etika bisnis Islam terhadap strategi yang diterapkan oleh Minimarket Pura Tanjung Mas Kudus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan strategi 6R pada bisnis ritel di Minimarket Pura Tanjung Mas dalam menghadapi persaingan usaha, menganalisis faktor-faktor yang mendukung dan menghambat bisnis ritel pada Minimarket Pura Tanjung Mas, dan menganalisis penerapan strategi retailling menurut pandangan etika bisnis Islam. Dalam mengidentifikasi permasalahan tersebut, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Lokasi penelitian dilakukan di Minimarket Pura Tanjung Mas Kudus. Minimarket Pura Tanjung Mas merupakan salah satu bidang usaha yang dimiliki Koperasi Pura Group Kudus. Selanjutnya teknik pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun wawancara yang peneliti lakukan adalah mewawancarai langsung kepada koordinator Koperasi Minimarket Pura Tanjung Mas Kudus dan konsumen Minimarket Pura Tanjung Mas Kudus. Dari hasil penelitian di Minimarket Pura Tanjung Mas, dapat diketahui bahwa strategi 6R pada retailling pada Minimarket Pura Tanjung Mas sudah diterapkan dengan baik. Baik dari segi produk, kuantitas, harga, waktu, tempat serta promosi. Selain itu, dalam menjalankan usahanya, Minimarket Pura Tanjung Mas memiliki beberapa faktor pendukung dan penghambat pertumbuhan bisnisnya. Faktor yang mendukung pertumbuhan Minimarket Pura Tanjung Mas yaitu lokasi yang strategis, harga yang tepat, suasana toko, pelayanan yang baik, pemberian fasilitas tambahan, dan adanya sistem pembayaran kredit bagi anggota. Sedangkan faktor yang menghambat pertumbuhan Minimarket Pura Tanjung Mas adalah faktor alam, dan pertumbuhan yang tidak terkendali. Dan penerapan strategi 6R pada Minimarket Pura Tanjung Mas sudah sesuai dengan etika bisnis Islam. Walaupun minimarket ini tidak mengklain dirinya sebagai minimarket Islam, tetapi strategi-strategi yang diterapkan pada Minimarket Pura Tanjung Mas sudah sesuai nilai-nilai Islami.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bisnis Ritel, Strategi 6R Retailling, Minimarket, Etika Bisnis Islam
Subjects: Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen
Bisnis > Manajemen

Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi

Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Mar 2021 02:08
Last Modified: 19 Mar 2021 02:08
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3688

Actions (login required)

View Item View Item