Sofwan, Ali (2016) MANAJEMEN KINERJA GURU BERBASIS BUDAYA RELIGIUS (STUDI KASUS DI MA ABADIYAH KURYOKALANGAN GABUS PATI. Masters thesis, STAIN Kudus.
Text
1 COVER.pdf Download (5MB) |
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
3 DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
4 BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
5 BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
6 BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
7 BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
8 BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi budaya religius yang terdapat di MA Abadiyah Kuryokalangan Gabus adalah sekumpulan nilai agama yang melandasi perilaku guru dalam kinerjanya, tradisi memakai peci (songkok-an), dan sarungan, kebiasaan tahlilan pada setiap hari kamis dan yasinan pada setiap hari jum’at, kebiasaan istighotsah pada Kamis malam wage khusus kelas III, dan simbol-simbol yang dipraktikkan guru sebagai tenaga pendidik di madrasah (berbusana muslim dengan memakai baju koko setiap hari jum’at. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui implementasi manajemen kinerja guru berbasis religius di MA Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati, mendeskripsikan mekanisme manajemen kinerja guru berbasis budaya religius di MA Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati, dan mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam mengimplementasikan manajemen kinerja guru berbasis budaya relegius di MA Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian field research yaitu penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini penngunaan analisis data yang lebih banyak dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data. Data yang diperoleh dari penelitian tersebut adalah berupa kata-kata. Dalam hal ini terkait dengan manajemen kinerja guru berbasis budaya religius di MA Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Implementasi manajemen kinerja guru berbasis religius di MA Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati adalah bentuk penerapan sistem pengelolaan kinerja guru berbasis budaya religi yang direfleksikan pada bentuk kompetensi yang dipersyaratkan guna melaksanakan profesinya agar mencapai hasil yang memuaskan yang mencakup kompetensi paedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. 2) Gaya manajemen kinerja guru berbasis budaya religius di MA Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati adalah bentuk aktualisasi kinerja guru manajemen terkait dengan kinerja guru yang disusun dalam bentuk program tertentu dengan menggunakan pola terstruktur dan demokratis yang menggambarkan sistematika dalam menapaki pekerjaan yang lebih baik untuk mencapai predikat guru yang profesional berdasarkan visi jangka panjang, jangka menengah, dan jangka pendek yang selalu berorientasi pada tujuan MA Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati. 3) Faktor penghambat dan pendukung dalam mengimplementasikan manajemen kinerja guru berbasis budaya relegius di MA Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati terdapat pada profesi keguruan kurang menjamin kesejahteraan karena rendah gajinya, fasilitas madrasah yang masih belum optimal, keberadaan madrasah yang mayoritas warga masyarakatnya perantauan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Kinerja Guru; Berbasis Budaya Religius |
Subjects: | 200 Agama 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Feb 2017 04:55 |
Last Modified: | 04 Feb 2017 04:55 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/369 |
Actions (login required)
View Item |