Eksperimentasi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Pendekatan Kontekstual terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran Fiqih pada Materi Salat Jamak, Salat Qashar dan Salat Jamak Qashar di MTs Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati Tahun Pelajaran 2019/2020

Mu’awanah, Rif’atul (2020) Eksperimentasi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Pendekatan Kontekstual terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran Fiqih pada Materi Salat Jamak, Salat Qashar dan Salat Jamak Qashar di MTs Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER - KATA PENGANTAR (TANPA ABSTRAK).pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (335kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (299kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (380kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (744kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (591kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (276kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan hasil belajar kognitif siswa antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan pendekatan kontekstual dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran langsung dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas VII MTs Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati pada tahun 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati pada tahun 2019/2020 yang berjumlah 156 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling yang dipilih cluster random sampling. Hasil dari sampling diperoleh 30 siswa kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas VII C sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis secara statistik menggunakan uji t (Independet Sample T Test) dan bantuan SPSS Windows Release 16,0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan pendekatan Kontekstual pada mata pelajaran Fiqih di MTs Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati Tahun Pelajaran 2019/2020 memiliki rata-rata 89,20 tergolong sedang yang berada pada kategori 82,3 ≤ X < 96,1. Berdasarkan analisis data, diperoleh t hitung sebesar 5,962 dan t tabel (pada taraf signifikansi 0,05) sebesar 2,00172. Hal ini berarti bahwa t hitung > ttabel (5,962 > 2,00172), maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan pendekatan Kontekstual terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VII pada mata pelajaran Fiqih di MTs Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar Siswa, Fiqih.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Apr 2021 03:05
Last Modified: 07 Apr 2021 03:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3814

Actions (login required)

View Item View Item