Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTs NU Raudlatut Tholibin Jekulo Kudus

Mustha’in, Ali (2020) Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTs NU Raudlatut Tholibin Jekulo Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (448kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (217kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (445kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (656kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (324kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (679kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (260kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB)

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Gaya Kepemimpinan Instruktif dan Partisipatif Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru MTs NU Raudlatut Tholibin, (2) Upaya Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru MTs NU Raudlatut Tholibin Jekulo Kudus, (3) Faktor Pendukung dalam Peningkatan Kinerja Guru di MTs Raudlatut Tholibin Jekulo Kudus. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kulitatif dengan menggunakan paradigma naturalistik. Lokasi penelitian di MTs NU Raudlatut Tholibin Jekulo Kudus sebagai sumber data untuk mendapatkan potret gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di madrasah tersebut. Data tersebut diperoleh dengan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Semua data dianalisis dengan dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara kontinyu, meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja dan profesionalisme guru di MTs NU Raudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus yaitu kepala madrasah memakai gaya kepemimpinan instruktif dan partisipatif. Hal ini sesuai dengan gaya kepala madrasah tersebut dengan senantiasa memberikan pelatihan atau mengikuti kegiatan dalam peningkatan mutu pembelajaran kegiatan tersebut untuk membina guru dalam meningkatkan kualitas dirinya. Selain itu, kepala madrasah senantiasa memantau pembelajaran dengan supervisi guru, juga menyediakan keperluan-keperluan yang dibutuhkan oleh madrasah untuk memperlancar pembelajaran guru di madrasah. Begitu juga, kepala madrasah memberi kesempatan kepada guru untuk mengikuti kegiatan seperti workshop, MGMP dan pelatihan-pelatihan agar mereka mampu meningkatkan kinerja dan mengetahuannya dalam pembelajaran. (2) Upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja dan profesionalisme guru MTs NU Raudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus yaitu dengan mengikuti pelatihan-pelatihan dan forum-forum rapat profesi guru. Selain itu upaya lain diawali dari rekritmen guru ketika melamar, pendidikan guru selama mengajar di madrasah, pemberian kesempatan untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, penilaian kinerja guru, dan rapat komunikasi guru. Begitu juga dalam pembelaaran diberikan leluasa dalam menyapaikan materi sesuai metode yang dikehendaki, dan adanya reward kepada guru bagi anak yang dibina memperoleh prestasi. (3) Faktor pendukung dalam peningkatan kinerja guru di MTs NU Raudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus dalam hal pembelajaran sudah baik sesuai dengan tugas guru dengan melakukan tugas dengan baik sesuai kurikulum pembelajaran dan sesuai dengan disiplin ilmu yang dimiliki. Begitu juga dapat mengikuti tata tertib yang berlaku dan sesuai dengan tugas dan tanggungjawab masing-masing guru, semangat dalam menjalani tugasnya yang menjadikan dedikasi mereka tinggi terhadap apa yang diemban menjadi guru. kinerja guru meningkat dengan menguasai bahan pelajaran, dapat mengelola pembelajaran, dan dapat mengelola kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan, Kinerja Guru.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Apr 2021 04:51
Last Modified: 19 Apr 2021 04:51
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3923

Actions (login required)

View Item View Item