Keefektifan Metode Scramble terhadap Keterampilan Membaca dan Menulis Aksara Jawa Kelas V MI NU Miftahul Huda 01 Kudus

Khusnunniyah, Khusnunniyah (2020) Keefektifan Metode Scramble terhadap Keterampilan Membaca dan Menulis Aksara Jawa Kelas V MI NU Miftahul Huda 01 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (935kB)
[img] Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (337kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (210kB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (570kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (709kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (335kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (426kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (367kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUISI.pdf

Download (294kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan membaca dan menulis Aksara Jawa pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas V MI NU Miftahul Huda 01 Kudus sebelum menggunakan metode scramble. Mengetahui keterampilan membaca dan menulis Aksara Jawa pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas V MI NU Miftahul Huda 01 Kudus sesudah menggunakan metode scramble. Mengetahui perbedaan keterampilan membaca dan menulis Aksara Jawa pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas V MI NU Miftahul Huda 01 Kudus sebelum dan sesudah menggunakan metode scramble. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang bertujuan mempelajari secara intensif latar belakang, status terakhir, dan interaksi lingkungan yang terjadi pada suatu satuan sosial seperti individu, kelompok, lembaga, atau komunitas. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VA MI NU Miftahul Huda 01 Kudus yang berjumlah 30 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan uji hipotesis Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sebelum menggunakan metode scramble keterampilan membaca dan menulis Aksara Jawa pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas V MI NU Miftahul Huda 01 Kudus dikategorikan baik, hal itu didapatkan dengan berpedoman pada interpretasi konversi nilai sebagian besar siswa memperoleh nilai 59,7-79,8 yang masuk pada interval kategori baik yaitu dengan nilai rata-rata 64,00 yaitu sebanyak 10 siswa atau sebesar 33,3%. Sesudah menggunakan metode scramble keterampilan membaca dan menulis Aksara Jawa pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas V MI NU Miftahul Huda 01 Kudus dikategorikan sangat baik, hal itu didapatkan dengan berpedoman pada interpretasi konversi nilai sebagian besar siswa memperoleh nilai 79,9-100 yang masuk pada interval kategori sangat baik yaitu dengan nilai rata-rata 81,33 yaitu sebanyak 21 siswa atau sebesar 70%. Terdapat perbedaan keterampilan membaca dan menulis aksara jawa pada mata pelajaran bahasa jawa kelas V MI NU Miftahul Huda 01 Kudus sebelum dan sesudah menggunakan metode scramble. Karena nilai t hitung > t tabel yaitu = 6,825 lebih besar daripada t tabel = 2,04227 pada taraf sig. 5%. Adapun pengaruh atau efek yang ditimbulkan metode pembelajaran scramble terhadap keterampilan membaca dan menulis adalah dapat meningkatkan keterampilan membaca dan menulis aksara jawa, meningkatkan minat siswa serta dapat meningkatkan prestasi atau motivasi siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Scramble, Keterampilan Membaca dan Menulis Aksara Jawa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:30
Last Modified: 21 Apr 2021 03:30
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3943

Actions (login required)

View Item View Item