Implementasi Strategi Dakwah Melalui Media Sosial YouTube di Yayasan Masjid Menara Makam Sunan Kudus (Studi Kasus Channel Menara Kudus)

Fitriana, Ais Zuli (2020) Implementasi Strategi Dakwah Melalui Media Sosial YouTube di Yayasan Masjid Menara Makam Sunan Kudus (Studi Kasus Channel Menara Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (742kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (71kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (83kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (192kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (297kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (101kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (290kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (83kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (80kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui implementasi strategi dakwah melalui media sosial YouTube di Yayasan Masjid Menara Makam Sunan Kudus (studi kasus Channel Menara Kudus). 2) Mengetahui kegiatan dakwah di Yayasan Masjid Menara Makam Sunan Kudus (studi kasus Channel Menara Kudus). 3) Mengetahui faktor penghambat dan pendukung implementasi strategi dakwah melalui media sosial YouTube di Yayasan Masjid Menara Makam Sunan Kudus (studi kasus Channel Menara Kudus). Penelitian ini merupakan studi lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya peneliti melakukan uji keabsahan data dengan cara, uji peningkatan ketekunan, triangulasi dan mengadakan member check. Selanjutnya untuk analisis data dengan menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Implementasi strategi dakwah melalui media sosial YouTube yang dilakukan oleh Channel Menara Kudus pada pelaksanaannya dinilai cukup efisien dan efektif dalam penyebaran dakwah, hal ini dapat dilihat dari keterangan subscriber yang merasa terbantu adanya dakwah di Menara Kudus yang ditayangan secara online live streaming maupun offline melalui media sosial YouTube. Strategi ini meliputi beberapa tahapan sebagai berikut: pertama tahap perencanaan, merancang tujuan hasil akhir dari strategi dakwah melalui media sosial YouTube. Kedua, tahap pelaksanaan, dengan melakukan action lapangan. Ketiga, tahap evaluasi, pada tahap ini secara teknis yaitu mengevaluasi hasil dari video recording yang sudah di live streaming melalui YouTube. 2) Kegiatan dakwah yang ada di Channel Menara Kudus dibagi menjadi 2, yaitu pertama, kegiatan mingguan (rutinan), seperti Tafsir Jalalain oleh KH. Sya’roni Ahmadi, dan Riyadlus Sholihin, oleh KH. M. Syaifuddin Luthfi (Mbah Ipud). Kedua, kegiatan tahunan (event-event), seperti Ta’sis Menara Kudus, Pengajian pitulasan dan Buka Luwur Kanjeng Sunan Kudus. 3) Faktor penghambat yang mempengaruhi dalam pelaksanaan meliputi: pertama, SDM yang kurang berkompeten. Kedua, membuat hasil video dakwah yang belum bisa dikonsumsi masyarakat umum. Ketiga, peralatan penunjang dakwah yang tiba-tiba error. Adapun faktor pendukung yang mempengaruhi dalam pelaksanaan dapat dilihat dari faktor internal dan faktor eksternal. Untuk faktor internal yang berkaitan dengan kualitas alat-alat produksi video dakwah yang sangat lengkap, mendukung dan memadai. Untuk faktor eksternal yaitu berkaitan dengan peran dari ketua Yayasan yang selalu mengarahkan dan mendukung kegiatan-kegiatan produksi video dakwah di Channel Menara Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Dakwah, Media Sosial YouTube, Video Dakwah
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial > Komunikasi
300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial > Komunikasi
300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial > Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 29 Apr 2021 02:37
Last Modified: 29 Apr 2021 02:37
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4031

Actions (login required)

View Item View Item