Efektifitas Penerapan Aplikasi Kahoot Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas Viii Di Mts Manahijul Huda Ngagel Dukuhseti Kabupaten Pati Tahun 2019/2020

Nasikah, Nihayatun (2020) Efektifitas Penerapan Aplikasi Kahoot Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas Viii Di Mts Manahijul Huda Ngagel Dukuhseti Kabupaten Pati Tahun 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAKSI.pdf

Download (267kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (271kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (376kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (517kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (543kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (799kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (508kB)

Abstract

Efektifitas pembelajaran adalah suatu hal yang sangat penting untuk mencapai tujuan pembelajaran. Di zaman yang serba canggih ini masih ada pendidik yang belum menguasai teknologi untuk menerapkan pada proses pembelajaran. Akibatnya eserta didik merasa bosan dan efektifitas pembelajaran tidak tercapai. Kahoot hadir sebagai aplikasi pembelajaran untuk menumbuhkan semangat, aktif dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui penerapan Aplikasi Kahoot dalam meningkatkan hasil belajar siswa Mata Pelajaran Fikih kelas VIII di MTs Manahijul Huda Ngagel Dukuhseti Pati. (2) untuk menganalisis efektifitas penerapan Aplikasi Kahoot dalam meningkatkan hasil belajar siswa Mata Pelajaran Fikih kelas VIII di MTs Manahijul Huda Ngagel Dukuhseti Pati. Penelitian dalam kajian ini adalah penelitian lapangan berbasis pada penelitian eksperimental (experimental research), penelitian eksperimental dengan jenis Quasi Experimental Design (eksperimen semu) berbasis Nonequivalent Control Grup Design di mana kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Adapun lokasi penelitian di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Manahijul Huda Ngagel Dukuhseti Kabupaten Pati. Teknik analisis data menggunakan Independent Sample T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan seberapa tinggi efektifitas penerapan aplikasi kahoot dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih di mts manahijul huda ngagel dukuhseti kabupaten pati. Tabel T-Test di atas menjelaskan bahwa nilai pretest kontrol maupun eksperimen sebesar nilai T=5.240 sedangkan nilai posttest kontrol maupun eksperimen sebesar T= 23.420 bahwa penerapan aplikasi kahoot efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Fikih Kelas VIII Di MTs Manahijul Huda Ngagel Dukuhseti Pati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Aplikasi Kahoot, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 May 2021 03:31
Last Modified: 06 May 2021 03:31
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4113

Actions (login required)

View Item View Item