Istiqomah, Istiqomah (2020) Implementasi Teknik Think Pair Share (TPS) dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI di MA NU Raudlatus Shibyan Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (620kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (186kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (124kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (330kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (447kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (230kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (282kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (125kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (253kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) implementasi Teknik Think Pair Share pada mata pelajaran fiqih Kelas XI di MA NU Raudlatus Shibyan Kudus, 2) upaya guru dalam ketercapaian pelaksanaan teknik Think Pair Share guna meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran fiqih Kelas XI di MA NU Raudlatus Shibyan Kudus, 3) faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan Teknik Think Pair Share pada mata pelajaran fiqih Kelas XI di MA NU Raudlatus Shibyan Kudus. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Guru Mata Pelajaran Fiqih, dan siswa kelas XI MA NU Raudlatus Shibyan Bae Kudus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: 1) Pelaksanaan teknik Think Pair Share terdapat diskusi dan pemikiran secara mendalam yang memungkinkan siswa berpikir secara kritis. Sehingga penerapan teknik ini sudah tepat dan efektif untuk diterapkan dalam upaya meningkatkan berpikir kritis siswa. 2) Upaya guru dalam ketercapaian pelaksanaan teknik Think Pair Share dengan pemilihan soal yang tepat di dalam pelaksanaanya di kelas. Dengan bertujuan siswa dapat menganalisis, mensintesis dan menyimpulkan suatu persoalan secara kritis. 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan Teknik Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran fiqih Kelas XI di MA NU Raudlatus Shibyan Kudus, faktor intern yang mendukung antara lain: kesehatan jasmani dan psikologi siswa yang baik. Serta faktor ekstern yang mendukung meliputi: profesionalisme guru, komunikasi antara guru dengan siswa yang baik, sumber belajar yang lengkap dan hubungan antara tujuan kelompok dan tanggung jawab individu. Sedangkan faktor intern yang menghambat antara lain: latar belakang, minat dan daya serap siswa yang berbeda, dan faktor ekstern yang menghambat pelaksanaan teknik pembelajaran antara lain: siswa yang gaduh dalam pembelajaran dan waktu yang dibutuhkan cukup lama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknik Think Pair Share (TPS), Ketrampilan berpikir kritis |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 May 2021 02:05 |
Last Modified: | 18 May 2021 02:05 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4183 |
Actions (login required)
View Item |