IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TERPROGRAM TIPE LINIER PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SD ISLAM MIFTAHUL FALAH MARGOYOSO PATI TAHUN AJARAN 2016/2017

Aulia, Zheta (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TERPROGRAM TIPE LINIER PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SD ISLAM MIFTAHUL FALAH MARGOYOSO PATI TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Stain Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (6MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran terprogram tipe linier yang ditekankan untuk menjadikan peserta didik aktif dan mencapai hasil belajar yang lebih meningkat pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Penelitian ini bertujuan melihat secara nyata model pembelajaran terprogram tipe linier di SD Islam Miftahul Falah Margoyoso Pati. Fokus penelitian ini dijabarkan menjadi pertanyaan; 1) Implementasi model pembelajaran terprogram tipe linier pada mata pelajaran PAI di SD Islam Miftahul Falah Margoyoso Pati Tahun Ajaran 2016/2017?, 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi model pembelajaran terprogram tipe linier pada mata pelajaran PAI di SD Islam Miftahul Falah Margoyoso Pati Tahun Ajaran 2016/2017?. Jenis penelitian ini adalah Field Research, dimana penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian naturalistik. Pengumpulan datanya berupa obeservasi, dokumentasi, dan wawancara yang diperoleh dari responden yang terkait dengan penelitian dan anlisis datanya menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Implementasi model pembelajaran terprogram tipe linier yang diterapkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VI SD Islam Miftahul Falah Margoyoso Pati Tahun Ajaran 2016/2017 sudah cukup baik, ini terlihat bahwa peserta didik menyukai model pembelajaran yang diterapkan oleh guru mata pelajaran PAI. Dan peserta didik tidak merasa bosan lagi, karena sudah ada variasi dalam pembelajaran. Sehingga dengan model ini peserta didik dan guru merasa lebih efektif dan efesien. Selain itu pada model pembelajaran terprogram tipe linier hasil belajar peserta didik menjadi lebih meningkat. (2) Faktor pendukung dalam implementasi model pembelajaran terprogram tipe linier pada mata pelajaran PAI di SD Islam Miftahul Falah Margoyoso Pati adalah perangkat pembelajaran yang cukup lengkap, instrumen pembelajaran yang lengkap, rasa ingin tahu yang tinggi dari para peserta didik, tersedianya fasilitas dan sarana prasana. Sedangkan faktor yang menghambat diantaranya adalah fasilitas yang jumlahnya masih terbatas, rasa malas peserta didik, tingkat kemampuan peserta didik yang berbeda-beda, alokasi waktu yang terbatas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Terprogram Tipe Linier; Pembelajaran PAI
Subjects: Agama
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 05 Feb 2017 03:26
Last Modified: 05 Feb 2017 03:26
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/419

Actions (login required)

View Item View Item