Pengaruh Metode Card Sort terhadap Hasil Belajar siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII di MTs Nurul Huda Dempet Demak tahun pelajaran 2019/2020

Maliyah, Wizarotul (2019) Pengaruh Metode Card Sort terhadap Hasil Belajar siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII di MTs Nurul Huda Dempet Demak tahun pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (817kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (273kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (280kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (351kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (551kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (615kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (646kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (396kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui bagaimana respon pembelajaran menggunakan metode card sort pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VIII di MTs Nurul Huda Dempet Demak tahun pelajaran 2019/2020. (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa mata pelajaran aqidah akhlak kelas VIII di MTs Nurul Huda Dempet Demak tahun pelajaran 2019/2020. (3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode card sort terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran aqidah akhlak kelas VIII di MTs Nurul Huda Dempet Demak tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang menekankan analisis pada data numerical atau angka yang diolah dengan metode statistika. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: metode tes, observasi, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi responden adalah peserta didik kelasVIII A sebagai kelompok eksperimen berjumlah 25 siswa dan peserta didik di VIII B sebagai kelompok kontrol, berjumlah 25 siswa. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) hasil penyebaran angket respon pembelajaran menggunakan metode Card Sort didapatkan hasil 81,48% yang dikategorikan baik denga keefektifitas penggunaan metode., (2) Hasil belajar terdapat peningkatan dari kelas eksperimen 100% di atas KKM sedangkan kelas kontrol yanng tuntas 64%. (3) terdapat pengaruh yang signifikan metode card sort terhadap hasil belajar yaitu hasil uji korelasi dari penggunaan metode Card Sort dengan Hasil belajar siswa (rx1y) adalah 0,710, Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa 0,000< 0,05 maka H0 ditolak, artinya bahwa terjadi hubungan yang kuat antara penggunaan metode Card Sort dengan Hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode card Sort dengan uji Fhitung sebesar 23,363 jika dibanding dengan Ftabel pada taraf signifikan 5% sebesar maka Fhitung > Ftabel. Artinya metode Card Sort berpengaruh terhadap hasil belajar dalam pembelajaran Aqidah Akhlak dan nilai koefisien determinasi sebesar 50,392 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Card Sort, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 May 2021 02:06
Last Modified: 21 May 2021 02:06
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4220

Actions (login required)

View Item View Item