Keefektifan Strategi Pembelajaran Directed Reading Activity Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII MTs Mu’alimin Mu’alimat Rembang

Megawati, Megawati (2020) Keefektifan Strategi Pembelajaran Directed Reading Activity Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII MTs Mu’alimin Mu’alimat Rembang. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (940kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (208kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (216kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (425kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (511kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (485kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (704kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (348kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (273kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan antara hasil belajar kognitif menggunakan Strategi (DRA) dengan strategi pembelajaran langsung pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Mu’alimin Mu’alimat Rembang. 2) perbedaan antara hasil belajar afektif menggunakan Strategi (DRA) dengan strategi pembelajaran langsung pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Mu’alimin Mu’alimat Rembang. 3) perbedaan antara hasil belajar psikomotorik menggunakan Strategi (DRA) dengan strategi pembelajaran langsung pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Mu’alimin Mu’alimat Rembang Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian di MTs Mu’alimin Mu’alimat Rembang. Populasi yang digunakan dalam penelitian merupakan peserta didik MTs Mualimin Mualimat Rembang terutama kelas VII B dan VII C yang berjumlah 80 siswa. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis pendahuluan, analisis uji hipotesis dan analisis lanjut. Hasil analisis data dapat diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut: Pertama, Adanya perbedaan hasil uji perbedaan dua rata-rata antara setelah dilakukannya posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kedua, Pada Uji independent Sample T-tes, dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan perbedaan kemampuan akhir (posttest) siswa antara rata-rata hasil belajar kelas ekperimen dengan kelas kontrol setelah diberi perlakuan memiliki perbedaan. Ketiga, Berdasarkan Uji independent Sample T-tes, dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat perbedaan pada kemampuan akhir (posttest) siswa antara rata-rata hasil belajar kelas ekperimen dengan kelas kontrol setelah diberi perlakuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Directed Reading Activity, Hasil Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 May 2021 02:44
Last Modified: 24 May 2021 02:44
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4239

Actions (login required)

View Item View Item