Pengaruh Metode Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqih di MA Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019

Rochmayanti, Diannisa Octa (2019) Pengaruh Metode Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqih di MA Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (24MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui Metode Discovery Learning mata pelajaran Fiqih bagi peserta didik di MA Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019, 2) Untuk mengetahui Kemampuan Berpikir Kritismatapelajaran Fiqih bagi Peserta Didik di MA Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019, 3) Untuk mengetahui pengaruh dari Metode Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqih di MA Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara Tahun 2018/2019. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (Field Research) yaitu suatu penelitian dimana peneliti langsung terjun ke lapangan untuk mengumpulkan informasi atau data. Pendekatan yang digunakan peneliti adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, angket, dan dokumentasi. Peneliti melakukan studi lapangan di MA Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara pada kelas X. populasi dalam penelitian ini terdiri dari kelas X MIA sebanyak 36 peserta didik, X IPS 1 34 peserta didik, X IPS 2 35 peserta didik dan X Bahasa 30 peserta didik. Jadi jumlah keseluruhan populasi sebanyak 135 peserta didik. Kemudian diambil sampel sebesar 58 peserta didik dengan menggunakan teknik simple random sampling. Analisis data menggunakan teknik regresi linier sederhana dan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penggunaan Metode Discovery Learning pada mata pelajaran Fiqih peserta didik kelas X di MA Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara tahun pelajaran 2018/2019, menurut hasil analisis dapat dikategorikan cukup dengan nilai rata-rata sebesar 72,9 dan termasuk dalam interval 64-74. 2) Kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MA Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara tahun pelajaran 2018/2019, menurut hasil analisis tergolong dalam kategori cukup. Karena memiliki nilai rata-rata 45,17 dan termasuk dalam interval 39-46. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara Metode Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X di MA Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara tahun pelajaran 2018/2019. Ditunjukkan oleh nilai Freg sebesar 92,352. Nilai R2 sebesar 0,622521 yang tergolong kuat karena termasuk dalam interval koefisien (0,60 – 0,799). Artinya penggunaan metode Discovery Learning mempengaruhi kemampuan berpikir kritis peserta didik sebesar 62,2521%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Jun 2021 02:26
Last Modified: 04 Jun 2021 02:26
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4345

Actions (login required)

View Item View Item