Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020

Afnani, Laily Chumairoh (2019) Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER .pdf

Download (974kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (132kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (308kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (462kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (424kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (546kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (216kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (277kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pendekatan Realistic Mathematics Education dan kemampuan berfikir kritis (2) Untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis (3) Untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas V. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan sesuai jenis penelitian, maka ini adalah penelitian korelasi. Disini peneliti mengambil lokasi di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode angket dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis deskriptif dan uji hipotesis asosiatif. Hasil penelitian yang didapatkan di antaranya yaitu (1) Pendekatan Realistic Mathematics Education sangat efektif karena hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai taraf signifikansi pendekatan Realistic Mathematics Education lebih besar dari nilai taraf signifikansi yang ada di tabel yaitu sebesar 0,141 > -1,711. Selain itu berdasarkan nilai hipotesis deskriptif pendekatan Realistic Mathematics Education di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus pada kenyataannya dalam kategori “baik”. (2) Pengembangan kemampuan berpikir kritis sangat efektif dalam mengasah otak kiri pada peserta didik kelas V karena dari hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai Fhitung kemampuan berpikir kritis lebih besar dari nilai Ftabel yaitu sebesar 4,895 > 3,44. Selain itu berdasarkan nilai hipotesis deskriptif kemampuan berpikir kritis di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus pada kenyataannya dalam kategori “cukup baik” (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas V pada mata pelajaran matematika di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus sebesar 45,0% dengan persamaan regresi Y’ = 58,775 + 0,045.X. Sedangkan nilai korelasi antara pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas V adalah senilai 0,450 yang masuk dalam rentang interval 0,41 – 0,60 dalam kategori “sedang” dengan taraf signifikansi Fhitung > Ftabel (4,895 > 3,44) dan taraf signifikansi thitung > ttabel (2,213 > 1,711)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Realistic Mathematics Education, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Ilmu-Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 04 Jun 2021 02:43
Last Modified: 04 Jun 2021 02:43
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4347

Actions (login required)

View Item View Item